-->
Load more

Tujuan, Resiko, Dan Manfaat Investasi Yang Sesynggyhnya

Shares ShareTweet

Tujuan, Resiko, Dan Manfaat Investasi Yang Sesynggyhnya
 Di tengah perkembangan dunia modern saat ini, investasi menjadi suatu hal yang paling dicari dan dijalankan sebagai bisnis untuk memperoleh keuntungan. Masih banyak yang beranggapan bahwa investasi hanya bisa dilakukan dengan uang, namun sebenarnya banyak benda-benda berharga yang bisa diinvestasikan, seperti emas, bangunan, apartemen, tanah, rumah, dan lain sebagainya.

Investasi juga dapat dilakukan oleh siapa saja dari semua kalagan, mulai dari anak muda hingga orang tua. Investasi dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan, namun tetap memiliki beberapa resiko yang harus dipertimbangkan. Jika anda ingin berinvestasi, ada baiknya anda memperhatikan beberapa tujuan, resiko, serta manfaat yang dapat anda terima jikan berinvestasi suatu hari mendatang.

Investasi adalah suatu penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva (harta) yang dimiliki dan berjangka waktu lama, dengan harapan menperoleh keuntungan di masa yang akan datang. Selain itu investasi merupakan investasi keuangan yang dilakukan oleh seorang investor dengan menanamkan uangnya dalam bentuk usaha dalam waktu tertentu dari setiap perusahaan, yang pada akhirnya ingin memperoleh laba dari keberhasilan usaha nantinya.

1. Tujuan Investasi

· Untuk mendapatkan suatu pendapatan dan keuntungan yang tetap dalam jangka waktu periode tertentu, pendapatan yang diharapkan berupa deviden, bunga, royalti, deposito atau uang sewa dan lain sebagainya.

· Untuk membentuk suatu dana khusus sesuai dengan kesepakatan bersama, seperti dana kepentingan ekspansi semisal kepentingan sosial.

· Mengontrol serta mengendalikan suatu perusahaan dengan melalui kepemilikan sebagian ekuitas perusahaan.

· Menjamin ketersediaan bahan baku dalam perusahaan dan mendapatkan pasar untuk produk-produk yang dihasilkan.

· Megurangi persaingan di antara perusahan yang sejenis, serta tetap menjaga keharmonisan hubungan antar perusahaan tetangga.


2. Resiko Investasi
Resiko adalah setiap kemungkinan kegagalan yang mungkin terjadi akibat investasi yang dilakukan oleh seorang investor.

· Business Risk
Resiko kerugian yang diderita oleh perusahaan karena keuntungan yang diperoleh lebih kecil atau sedikit dari keuntungan yang diharapkan.

· Financial Risk
Resiko ini dapat timbul apabila perusahaan tidak dapat mengelola dengan baik keuangannya, semimasal menggunakan utang dalam rangka membiayai kegiatan perusahaan.

· Liquidity Risk
Resiko ini dapat terjadi ketika adanya ketidakpastian yang timbul pada saat sekuiritas berada di pasar sekunder.

· Exchange Risk
Resiko ini terjadi apabila tingakat fluktuasi nilai tukar mata uang mengalami ketidakstabilan.

· Country Risk
Resiko ini berkaitan dengan kestabilan politik serta kondisi lingkungan ekonomi si suatu negara.

3. Manfaat Investasi
Investasi dapat menjadi potensi untuk mendapatkan penghasilan jangka panjang, sehingga menjamin kesejahteraan hidup. Selain itu, dengan berinvestasi seorang investor dapat mengembangkan usahanya menjadi lebih maju, sebab investasi dapat memberikan sebuah penghasilan tetap bagi invetor. Investasi banyak sekali memberikan manfaat bagi investor dan pelaku bisnis dalam upaya mereka untuk mengembangkan bisnis.

Nah, itulah tadi pembahasan tujuan, resiko, serta manfaat dalam investasi yang perlu menjadi sebuah pertimbanhgan bagi anda yang ingin berinvestasi. Setiap investasi pastilah memiliki resiko, namun resiko dapat dihindari dengan sikap yang lebih berhati-hati lagi serta selalu melakukan analisa dan pertimbangan yang matang dalam pengambilan keputusan.

Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan