-->
Load more

Bentuk - Bentuk Kepemilikan Bisnis Di Indonesia

Shares ShareTweet

Bentuk - Bentuk Kepemilikan Bisnis Di Indonesia

Bisnis adalah suatu kegiatan jual dan beli barang atau jasa dengan tujuan memperoleh keuntungan berupa laba. Dalam ilmu ekonomi bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa. Namun masih banyak orang yang awam terhadap bentuk suatu bisnis, apakah berbentuk perusahaan atau yang lainnya.

Bentuk kepemilikan bisnis berbeda-beda pada setiap negara, tergantung dari sosial dan ekonomi masyarakatnya. Sejatinya bisnis memiliki bentuk dasar kepemilikannya, dalam artikel ini akan dibahas beberapa diantaranya. Bentuk dasar kepemilikan bisnis:

1. Koperasi
Koperasi adalah suatu bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yaitu berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi memiliki karakteristik khusus yaitu setiap anggotanya memiliki identitas ganda, yaitu anggota sebagai pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi itu sendiri. Sebab pada dasarnya tujuan utama dari koperasi adalah untuk mensejahterakan semua anggotanya.

2. Perseroan
Perseroan adalah bentuk bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang, dan diawasi oleh dewan direktur. Selain itu setiap pemilik memiliki setiap tanggung jawab yang sama namun terbatas atas harta perusahaan.


3. Persekutuan
Persekutuan adalah bentuk kepemilikan bisnis yang dipegang oleh dua orang atau lebih yang salig bekerja sama dalam mengoperasikan perusahan dengan tujuan utama untuk memperoleh keuntungan. Setiap anggota dalam persekutuan memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan.

4. Perusahaan Per-seorangan
Adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang saja, dimana pemilik perusahaan memiliki tangung jawab sepenuhnya terhadap perusahaan dan memiliki kuasa tak terbatas atas harta perusahaan. Karena dikelola secara perseorangan, maka sumber modal perusahaan berasal dari milik sendiri, dan keberlangsungan perusahaan berada di tangan sang pemilik.

Itulah tadi keempat bentuk dasar kepemilikan bisnis. Pada dasarnya kepemilikan bisnis berbeda-beda di setiap negara, namun secara umum kepemilikan suatu bisnis adalah keempat bentuk pembahasan diatas. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat dalam memperluas pengetahuan anda, dan semakin matang dalam dunia bisnis.

Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan