-->
Load more

Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keuntungan Dalam Berinvestasi

Shares ShareTweet

 

Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keuntungan Dalam Berinvestasi

Di masa modern seperti sekarang ini berinvestasi merupakan hal yang tidak asing lagi. Sudah banyak pelaku usaha yang berinvestasi untuk mengembangkan usahanya. Investasi dapat memberikan manfaat yang begitu besar bagi bisnis, sebab menjanjikan kestabilan keuangan dalam jangka panjang. Jadi berinvestasi bukan menjadi hal yang asing untuk masa modern saat ini, sebab wajib hukumnya bagi setiap pelaku usaha untuk berinvestasi, agar bisnis semakin berkembang dan masa depan lebih baik.

Di balik manfaat yang begitu besar yang ditawarkan investasi, tidak menutup kemungkinan banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi suatu investasi. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa faktor yang mempengaruhi investasi, agar menjadi pertimbangan bagi anda pelaku usaha dalam berinvestasi.

Faktor-faktor yang Mempegaruhi Investasi:

1. Pengaruh Tingkat Suku Bunga

Tingkat suku bunga memiliki pengaruh yang cukup besar dan signifikan terhadap suatu investasi. Apabila tingkat suku bunga tinggi, maka para pelaku usaha dan bisnis akan terdorong lebih untuk berinvestasi, dengan harapan memperoleh keuntungan yang lebih tinggi.

2. Pengaruh Nilai Tukar

Secara teroritis dampak perubahan nilai tukar terhadap investasi bersifat tidak pasti, sebab perubahan nilai tukar (kurs) akan berpengaruh terhadap dua saluran, yaitu sisi permintaan dan sisi penawaran domestik. Dalam jangka pendek, perubahan nilai tukar dapat menyebabkan penurunan pada pengeluaran atau alokasi modal pada investasi. Penurunan nilai tukar mata uang domestik akan menaikkan produk-produk impor, dengan demikian akan meningkatkan harga barang yang diperdagangkan.

3. Pengaruh Tingkat Inflasi
Tingkat inflasi memiliki pengaruh yang negatif terhadap tingkat investasi, hal ini disebabkan karena tingkat inflasi yang cukup tinggi akan berdampak pada peningkatan resiko proyek investasi itu sendiri. Selain itu, dalam jangka panjang inflasi yang tinggi dapat mengurangi masa jatuh pinjam modal. Secara tidak langsung, tingkat inflasi domestik juga memiliki pengaruh terhadap investasi.

4. Pengaruh Infrastruktur
Sebagian besar negara di dunia mengharapkan kehadiran investor untuk berpartisipasi dalam menanamkan modalnya di semua sektor terutama sektor infrastruktur, seperti jalan tol, pelabuhan, dan bandara. Pembangunan sektor infrastruktur menjadi suatu hal yang penting, sebab dengan infrastruktur yang baik maka dapat menanggulangi krisis yang bisa datang kapan saja. Selain itu juga dengan infrastruktur yang memadai, efisiensi yang dicapai oleh dunia usaha akan semakin besar dan investasi yang didapat semakin meingkat.

Nah itulah beberapa faktor yang memepengaruhi investasi. Sudah sepantasnya bagi pelaku usaha yang menanamkan modalnya dalam investasi untuk selalu waspada akan semua hal yang dapat menghambar jalannya investasi. Dengan bekal ilmu dan pengetahuan yang matang mengenai investasi, maka anda akan mudah dalam mengatasi setiap persoalan dalam dunia investasi. Tetap semangat dan jangan pernah takut untuk memulai.

Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan