-->
Load more

Ingin Kuliah Sambil Bersisnis?? Perhatikan Hal ini!!

Shares ShareTweet
 
Geliat dunia bisnis kini semakin meningkat, sudah mulai banyak bermunculah pebisnis-bisnis baru yang membentangkan sayapnya di industri usaha di indonesia. Tidak mengenal usia maupun status sosial, kini siapapun bisa menjadi seorang pebisnis. Tidak terkecuali bagi para mahasiswa, sekarang ini sudah mulai marak mahasiswa yang berbisnis. Meskipun masih mempunyai tanggungan untuk menyelesaikan pendidikannya, namun tidak mengurangi semangat dan gairah para mahasiswa untuk memulai bisnis. 

Namun masih banyak mahasiswa yang belum memahami secara baik mengenai bagaimana cara yang baik dalam memulai bisnis. Dalam artikel ini akan dibahas tuntas cara berbisnis yang baik dan benar bagi semua mahasiswa yang ingin berbisnis.

Pertama, tentukan pilihan bisnis yang akan kamu pilih. Dalam memulai bisnis tentu harus meiliki rencana mengenai jenis bisnis apa yang akan digeluti, pemilihan bisnis juga tidak dapat dilakukan secara asal atau sembarangan. Tentukan pilihan bisnis mu yang sesuai dengan hobi atau suatu hal kamu sukai, misalnya kamu memiliki hobi dalam hal otomotif dan modifikasi motor, kamu bisa melihat peluang bisnis dari hobimu itu. Mulai untuk menjual dan menawarkan part-part aksesoris dan lainnya yang berhubungan dengan modifikasi motor, lalu tawarkan produk kamu mulai dari teman  dekat kamu terlebih, dan juga tawarkan produk kamu di media sosial agar semakin banyak yang tertarik dengan produk kamu. Dengan demikian bisnis yang kamu rintis akan bisa semakin berkembang, lalu selanjutnya kamu bisa untuk memperbanyak produk jualan bisnis kamu.
Jadi tentukan terlebih dahulu dengan perhitungan yang matang tentang jenis bisnis yang akan kamu pilih untuk berbisnis. Sebab dari pemilihan jenis bisnis yang tetap akan lebih menjamin keberlangsungan dari bisnis kamu.

Kedua, fokuskan diri pada satu jenis bisnis terlebih dahulu. Setelah kamu memutuskan untuk memilih salah satu dari berbagai macam bisnis, maka kamu fokuskan diri kamu untuk mengelola pilihan bisnis tersebut. Dengan fokus pada satu bisnis, maka kamu akan lebih mudah dalam menganalisis lingkungan target pasar kamu nantinya. Jadi konsentrasi kamu tidak akan terpecah-pecah, sehingga bisnis kamu dapat berjalan secara baik dan inovasi-inovasi produk baru akan terus berkembang disaat kamu fokus pada satu binsis itu.

Ketiga, rencanakan strategi pemasaran yang tepat. Dalam memasarkan produk kepada konsumen harus dilakukan dan direncanakan secara baik, sebab kunci dari keberhasilan suatu bisnis adalah pemasaran produk yang baik. Rencana pemasaran harus memperhatikan setiap kebutuhan dan keinginan dari konsumen, serta selalu menghadirkan inovasi produk yang berkelanjutan, sehingga konsumen tidak cepat bosan dengan produk-produk kamu. 

Strategi pemasaran dapat kamu lakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan memanfaatkan media sosial. Banyak pebisnis baru yang memanfaatkan media sosial dalam memasarkan produknya, dan kamu pun wajib mencobanya. Oleh karena itu, pasarkan dan tawarkan produk kamu dalam media sosial seperti facebook, whatsapp, instagram, dan lain sebagainya. Bukan tanpa tujuan, pemasaran dengan memanfaatkan media sosial akan membantu kamu dalam memperluas pasar, sebab hampir seluruh masyarakat dunia menggunakan media sosial dalam kesehariannya. Tentu bisnismu dapat lebih berkembang nantinya.

Yang selanjutnya adalah konsistensi. Dalam berbisnis diperlukan konsistensi yang kuat dalam menjalankannya, agar bisnis dapat terus berkembang dengan pesat. Tetap konsiten dalam memberikan produk-produk dengan kualitas yang terbaik serta pelayanan yang ramah, maka konsumen akan merasa nyaman dan bertahan untuk selalu menjadi pelanggan utama bisnis kita.
Dengan berani memulai berbisnis sejak masih di banku kuliah itu artinya kamu harus siap untuk selalu menciptakan produk dengan kualitas terbaik serta selalu menciptakan inovasi-inovasi produk yang berkesinambungan. Jadi jangan takut mulai berbisnis meskipun masih duduk di bangku kuliah.
Nah, itulah tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa yang sedang kuliah tetapi ingin memulai bisnis. Sebenarnya memuali bisnis itu tidak sulit, cukup bulatkan tekat kamu dan tetap semangat dalam menjalaninya. “lebih baik memulai daripada tidak sama sekali”. Okee!!!

Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan