-->
Load more

7 Investasi Lengkap Dengan Keuntungan Dan Kekurangannya

Shares ShareTweet



Melakukan investasi dalam beberapa instrumen yang berbeda adalah salah satu pilihan tepat yang wajib Anda pertimbangkan. Pembagian risiko terhadap dana yang Anda miliki bisa dilakukan jika Anda tidak menempatkan seluruh dana investasi dalam satu instrumen saja. Hal ini cukup patut untuk Anda cermati. Sebab semakin Anda memahami berbagai instrumen investasi yang ada maka akan semakin baik dan semakin mampu Anda mengelola dana investasi tersebut.

Jangan hanya terpaku pada satu jenis sarana investasi saja. Saat ini ada banyak jenis investasi yang bisa Anda jadikan pilihan. Artinya, Anda memiliki beberapa jenis investasi yang bisa dibandingkan antara satu dan yang lainnya sehingga Anda bisa menemukan jenis instrumen yang paling tepat untuk digunakan.

Beberapa pilihan investasi yang terdapat di bawah ini bisa jadi gambaran dan bahan pertimbangan. Anda bisa mempertimbangkan berbagai keuntungan dan juga kerugian di dalamnya sebagai acuan dalam memilih jenis investasi mana yang paling tepat untuk dipilih.


1. Tabungan

Yang pertama ialah tabungan, hampis semua orang tentu memiliki tabungan bukan. Investasi tabungan ini merupakan bentuk simpanan sejumlah dana yang Anda lakukan di bank ataupun lembaga keuangan lainnya.


Keuntungan yang dapat dinikmati atas investasi tabungan ini adalah anda dapat mengambil keuntungan kapan saja dan tidak memiliki risiko yang besar. Tabungan juga akan memberikan sejumlah pendapatan bunga. Namun kekurangan dari investasi tabungan ini adalah Bunga yang diberikan bank cukup kecil, biasanya orang cenderung mudah mengambil uang di dalam tabungan sehingga jumlahnya akan berkurang. 


2. Deposito

Adalah produk simpanan di bank yang penyetorannya maupun penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu saja. Semakin besar dan semakin lama anda menyimpan dana dalam bentuk deposito maka semakin besar pula bunga yang ditawarkan. Ini merupakan bentuk simpanan yang terikat oleh waktu tertentu yang sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Keuntungan yang ditawarkan oleh deposito adalah tingkat risiko yang dikandung deposito terbilang sangat rendah. Dan bunga yang diterapkan bank juga akan lebih tinggi dibandingkan dengan produk tabungan biasa. Lalu untuk kekurangannya ialah Pencairan dana deposito yang dilakukan sebelum waktu jatuh tempo akan dikenakan sejumlah biaya penalti yang terbilang cukup besar. 



3. Reksa Dana

Ialah salah satu sarana untuk mengumpulkan sejumlah dana secara kolektif, dana tersebut nantinya dikelola seorang Manajer Investasi atau sebuah Perusahaan Investasi. Reksa dana akan membagi risiko dan juga keuntungan secara merata kepada para investornya. Jumlah keuntungan tersebut akan sangat tergantung pada jenis reksa dana yang Anda pilih saat melakukan investasi tersebut.

Keuntungan dari Reksa Dana ialah, anda tidak perlu repot-repot untuk mengelola dana investasi Anda sebab hal ini akan dilakukan seorang Manajer Investasi yang sudah profesional dan handal. Kemudian dana investasi Anda akan diinvestaskan kepada beberapa perusahaan sekaligus sehingga berbagai risiko dan juga keuntungan yang akan Anda tanggung tersebar di dalam beberapa perusahaan yang berbeda-beda.

Namun Kekurangan Reksa Dana adalah, Anda mungkin akan sedikit kurang puas dan maksimal dalam investasi ini. Sebab segala sesuatunya dikelola Manajer Investasi yang Anda pilih, keuntungannya lebih kecil jika dibandingkan dengan keuntungan dari investasi dalam bentuk saham. Anda juga akan dikenakan sejumlah biaya pengelolaan oleh Perusahaan/Manajer Investasi yang Anda gunakan.



4. Obligasi


Adalah surat utang yang akan didapatkan sebagai surat bukti atas pemberian sejumlah dana pada perusahaan swasta ataupun perusahaan Negara yang membutuhkan sejumlah dana. Untuk itu, obligasi diterbitkan sebagai bukti peminjaman dana tersebut dari masyarakat. Dalam hal ini, pihak penerbit obligasi akan memberikan sejumlah bunga kepada para investornya. Pada umumnya, obligasi akan diterbitkan dengan masa peminjaman minimal 5 tahun.

Keuntungan dari Obligasi ialah memberikan besaran bunga yang lebih besar dari bunga deposito. Kekurangannya Jangka waktu investasi ini terbilang sangat panjang, minimal 5 tahun, sehingga akan menjadi sebuah masalah jika sewaktu-waktu Anda ingin mencairkan dana sebelum jangka waktu yang telah disepakati. Obligasi juga memiliki risiko yang cukup tinggi. Jika sewaktu-waktu perusahaan penerbit obligasi mengalami kebangkrutan atau dilikuidasi, bisa saja dana yang Anda investasikan tersebut tidak dikembalikan. 



5. Saham 

Saham merupakan bukti kepemilikan Anda di dalam sebuah perusahaan. Di mana Anda ikut serta menanamkan sejumlah modal di dalamnya. Sebagai hasil dari investasi tersebut, Anda akan mendapatkan sejumlah pembagian hasil (dividen) secara berkala. Anda bisa membeli atau menjual saham di perusahaan sekuritas dan Anda akan dikenakan sejumlah biaya atas tindakan tersebut.

Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan