-->
Load more

3 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Investasi Anda Merugi

Shares ShareTweet



Saat ini banyak orang yang mencoba untuk menginvestasikan dana mereka guna masa depan ke dalam bentuk simpanan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Bahkan tak tanggung-tanggung, demi melakukan investasi, masyarakat rela mengajukan kredit mikro yang nantinya akan dialokasikan ke dalam bentuk investasi apapun selama itu menguntungkan bagi mereka. Namun bukan berarti jika investasi selalu berjalan dengan lancar. Setiap bentuk investasi memiliki resikonya masing-masing dan cara mengatasinya pun berbeda. Bila investasi gagal, maka Anda sebagai investor akan merugi dan hal tersebut tentu bukan sesuatu yang menyenangkan. Seringkali investor merasa sangat depresi ketika mengetahui jika investasi yang dijalankan tersebut ternyata gagal. Guna menjauhkan Anda dari resiko kerugian yang lebih besar, maka ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai berikut:


1. Menambah modal
Apabila investasi yang Anda lakukan akan mengalami kegagalan sehingga menyebabkan kerugian dimana cash flow jauh lebih besar daripada inflow, maka hanya ada satu hal yang harus diakukan oleh Anda yaitu menambah modal pada pelaku bisnis baik itu berasal dari dana mereka sendiri atau bentuk kerja sama mitra lain. Hal ini bertujuan sebagai suntikan dana bagi pelaku bisnis untuk bangkit dan kembali berjaya tanpa perlu bersedih terus menerus. Pelaku bisnis pasti akan langsung memanfaatkan modal itu untuk perkembangan kepentingan bisnis.


2. Jangan langsung menyerah
Bila investasi yang Anda lakukan ternyata hampir mengalami kegagalan, maka sebaiknya jangan langsung meninggalkannya dan memutuskan untuk berinvestasi pada bisnis lain. Sebaiknya cobalah untuk memeriksa penyebab dari kerugian yang dialami ini, kesalahan apa yang dilakukan hingga menyebabkan kerugian. Apabila sebuah bisnis tak berjalan dengan lancar akibat adanya siklus ekonomi makro, maka tidak perlu khawatir sebab kondisi seperti ini memang kerap terjadi dan hanya sebagai siklus biasa. Setelah masa sulit itu berakhir, maka Anda akan kembali memperoleh keuntungan. Satu-satunya hal yang harus diawasi adalah cash flow dimana jangan sampai inflow lebih sedikit dibandingkan dengan cash flow.


3. Jangan menanam saham sangat banyak
Sudah terlanjur rugi memang tidak bisa diapa-apakan lagi namun Anda bisa meminimalisir jumlah kerugian yang mungkin akan menimpa Anda. Caranya adalah jangan berinvestasi saham lebih banyak ke suatu perusahaan. Dari modal 100% itu, jangan berinvestasi lebih dari 50% apabila Anda tidak yakin jika perusahaan akan bertahan lebih lama dan jangan memiliki lebih dari lima saham sekaligus agar lebih mudah mengontrolnya.

Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan