-->
Load more

Mengenal Strategi Support Dan Resistance Serta Cara Menggunakannya

Shares ShareTweet
Mengenal Strategi Support Dan Resistance Serta Cara Menggunakannya

Hello sahabat trader berjumpa lagi dengan Ahlitech, jadi pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Support & Resistance. Setiap kali kita melakukan analisa pasti kita membutuhkan yang namanya Support & Resistance. Dengan adanya dua bagian ini maka akan memudahkan kita dalam melakukan analisa pada suatu market.

Namun sudah tahukah anda apa itu Support, apa itu Resistance, bagaimana cara menentukan Support & Resistance, serta bagaimana pula cara menggunakannya. Mungkin ada yang sudah atau mungkin ada yang belum. Jawaban kalian yang mana, tulis pada kolom komentar.

Sebenarnya apa itu Support? Support adalah suatu level harga terendah dari market. Kemudian apa itu Resistance? Resistance adalah suatu level harga tertinggi pada market. Cukup sederhana bukan?

Pernahkah kalian berfikir bagaimana Support & Resistance bisa terbentuk? Jadi di dalam market hanya ada 2 faktor yaitu permintaan dan penawaran. Kemudian Permintaan dan Penawaran ini selalu saling dorong atau bisa kita sebut dengan saling bakuhantam antara keduanya, sehingga terbentuklah yang namanya level - level harga, yang dimana level - level harga tersebut dinamakan Support & Resistance.


Bagaimana cara menentukan Support & Resistance

Gunakanlah yang namanya garis horizontal line. Kemudian letakkan garis tersebut pada harga atau candlestick yang paling rendah. Maka itu dinamakan Support.

Mengenal Strategi Support Dan Resistance Serta Cara Menggunakannya

Kemudian bagaimana dengan Resistance? Tentu saja sama, yaitu gunakanlah yang namanya garis horizontal kemudian letakkan garis tersebut pada level harga tertinggi. Maka itu kita sebut sebagai Resistance.

Mengenal Strategi Support Dan Resistance Serta Cara Menggunakannya

Namun harus anda ingat! Anda hanya boleh mengatakan bahwa itu adalah Support & Resistance bila sudah ada minimal  2 buah titik yang saling terhubung. Dan perlu pula anda perhatikan bahwa Support & Resistance pula memiliki yang namanya Area. Agar lebih jelas perhatikan pada gambar diatas.
 
Bagaimana Cara Menggunakan Support & Resistance

Begitu candlestick atau grafik menyentuh titik atau area support maka kita harus melakukan aksi buy.

Sedangkan jika grafik atau candlestick menyentuh titik atau area Resistance maka kita harus melakukan aksi sel.

Bingung? Perhatikan gambar dibawah ini.

Mengenal Strategi Support Dan Resistance Serta Cara Menggunakannya

Berapa Lama Waktu Yang Digunakan Jika Menggunakan Strategi Support & Resistance?

Jika bicara mengenai waktu yang bagus menggunakan strategi Support & Resistance dalam melakukan trading. Jika kalian trading di Binary Option seperti Binomo contohnya. Sebaiknya gunakanlah waktu 3 hingga 5 menit. Dengan begini akan membuat kita memiliki lebih banyak peluang untuk mendapatkan yang namanya profit.

Namun jika kalian trading di Forex, maka harus disesuaikan dengan keinginan serta cara kalian dalam melakukan analisa.


Hal - Hal Yang Harus Di Waspadai Dalam Strategi Support & Resistance

 Semua startegi pasti memiliki yang namanya keunggulan dan kelemahannya masing - masing. Begitupun dengan startegi Support & Resistance ini. Ada beberapa hal yang harus benar - benar anda waspadai.

Yang pertama adalah Breakout. Apa itu Breakout? Pernahkah kalian melihat yang dimana ada grafik yang mampu menembuh titik Resistance. Yang dimana titik Resistance tersebut menjadi Support, kemudian Resistance nya berada pada titik puncak yang lebih tinggi lagi. Yaaa itulah yang dinamakan Breakot. Agar lebih jelas perhatikan gambar dibawah ini.

Mengenal Strategi Support Dan Resistance Serta Cara Menggunakannya

Yang kedua adalah Breakdown. Apa itu Breakdown? Kalau tadi grafik yang menembus Resistance, berbeda dengan Breakdown. Jadi Breakdown adalah kebalikan dari Breakout yang dimana grafik mampu menembus titik support sehingga Support tersebut menjadi Resistance dan grafik membentuk titi Support baru yang berada di level harga paling rendah. Agar lebih jelas perhatikan gambar dibawah.
 
Mengenal Strategi Support Dan Resistance Serta Cara Menggunakannya
Hati - hati pada saat tejadi Breakout dan Breakdown. Sebab pada saat seperti inilah banyak trader yang mengalami namanya loss.

Ciri - Ciri Akan Terjadi Breakout Dan Breakdown

Cara mengetahui akan terjadinya Breakout dan Breakdown dengan memperhatikan setiap adal candlestick yang ingin mencapai titil Support maupun Resistance. Jika body atau batang candlestick tersebut mampu menembus titik Resistance maka anda harus hati - hati apalagi ditambah terbentuk 2 atau 3 candle selanjutnya yang berada diatas titik Resistance maka sudah dipastikan akan terjadi yang namanya Breakout. Dan begitupun selanjutnya. Perhatikan gambar dibawah.

Mengenal Strategi Support Dan Resistance Serta Cara Menggunakannya

Demikianlh artikel terkait Mengenal Strategi Support Dan Resistance Serta Cara Menggunakannya. Semoga pembelajaran ini bermanfaat bagi anda. Jangan lupa berikan pendapat anda mengenai artikel ini. Terima kasih dan sampai bertemu pada artikel selanjutnya.

Baca Juga: Cara Melakukan Open Posisi Yang Tepat Dalam Trading Agar Profit

Dibawah ini sudah saya sediakan video mengenai Strategi Support & Resistance. Agar dapat membantu anda dalam memahaminya. Silahkan klik saja pada video dibawah ini.


Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan