-->
Load more

Dasar Dasar Trading Yang Harus Ada Pada Diri Seorang Trader Pemula

Shares ShareTweet

Dasar Dasar Trading Yang Harus Ada Pada Diri Seorang Trader Pemula

Hello trader bertemu kembali bersama saya dari Ahlitech. Jika bicara mengenai trading atau strategi trading pasti anda sangat antusias ingin tahu. Tetapi jika membahas mengenai dasar - dasar trading saya yakin anda sangat malas atau bahkan tidak mau sama sekali.

Hey trader perlu anda ketahui, seorang trader berhasil menciptakan sebuah strategi itu karena beliau sudah mampu menguasai yang namanya dasar - dasar trading. Tanpa anda sadari anda sudah melakukan hal yang sangat fatal :)

Pernahkan anda melihat seorang trader yang berhasil menggunakan sebuah strategi, kemudian anda menirukan strategi tersebut dengan tujuan anda ingin sukses dan behasil seperti beliau, tetapi bukannya anda berhasil melainkan anda justru bangkrut?

Saya yakin anda pernah bukan? Yaaaa tentu saja, anda ingin tahu apa penyebab nya? Penyebab nya hanya satu, itu karena anda tidak mengetahui dasar - dasar trading yang sebenarnya. Anda hanya tahu mengenai strategi saja. Dan itu tidak cukup trader!

Untuk itulah disini saya hadir dengan tujuan akan membimbing anda semua untuk menjadi trader yang benar - benar trader bukan trader yang memiliki kemampuan sebatas strategi saja. Baiklah kita mulai.  

Dasar - Dasar Trading Seorang Trader Sukses


1). Psikologi Trading
Apakah anda sudah tahu apakah itu psikologi  trading? Hemmm, jadi psikologi trading adalah sebuah keadaan dan prilaku mental dari seorang trader. Yang meliputi emosi, ambisi, dan nafsu.

Sebagai contoh anda adalah seorang trader yang memiliki kecerdasan luar biasa, tetapi percayalah kepada saya semual hal itu tidak akan berguna jika anda tidak mampu mengendalikan emosi anda sendiri.

Kemudian anda pula jangan terkejut bila bertemu dengan seorang trader yang memiliki kecerdasan biasa - biasa saja, namun beliau mampu mendapatkan profit yang lebih banyak bahkan lebih konsisten dari anda. Apa penyebabnya?

Hanya satu, karena beliau mampu mengendalikan emosi dirinya sendiri. Berbeda dengan anda yang memiliki kecerdasan luar biasa tetapi tidak mampu mengendalikan emosi anda. Itu artinya anda Ceroboh!

Ada beberapa metode yang akan saya berikan untuk mengendalikan psikologi anda. Perhatikan!
  • Target Profit. Anda pasti setuju bila saya katakan semua trader memiliki tngkat emosi, ambisi, dan nafsu yang berbeda - beda. Untuk itulah dibutuhkan sebuah target profit. Sebab dengan adanya target profit akan mampu membatasi nafsu anda dalam mendapatkan profit yang lebih besar.
  • Jangan Over Trade. Jangan pernah sekali - kali untuk melakukan opsi perdagangan dalam jumlah atau nominal yang besar. Perlu anda ketahui semakin besar nominal yang anda perdagangkan maka semakin besar pula resiko yang akan anda hadapi. Untuk itu jangan pernah Over Trade tanpa didasari degan hasil analisa, perhitungan, dan pengolahan modal yang benar - benar matang.


2). Manajemen Resiko
Semua kegiatan pasti memiliki yang namanya resiko sama halnya dengan trading pasti memiliki resiko. Tidak ada satupun kegiatan yang tanpa adanya resiko. Nah untuk itulah dibutuhkan yang namanya sebuah manajemen resiko. Sebab dengan ini anda akan mampu mengantisipasi bila terjadi sebuah resiko pada saat anda melakukan trading.

Namun bagaimana cara melakukan manajemen resiko? Pertanyaan yang bagus.

~ Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menggunakan metode yang namaya Cut Los. Cara menggunakan nya dengan cara menjual sebuah transaksi yang akan los dengan waktu sesegera mungkin, sebelum waktu transaksi anda ditutup.

Contoh anda melakukan opsi perdagangan buy 1 menit, dan ternyata transaksi anda tersebut los. Maka yang harus anda lakukan adalah melakukan penjualan terhadap aset tersebut. Dengan begini anda tidak akan kehilangan 100% saldo yang anda gunakan dalam melakukan transaksi tersebut.

 ~ Langkah Kedua adalah Switching. Teknik ini dilakukan dengan cara menutup sebuah transaksi yang merugi kemudian segera membuka transaksi baru.

Tujuan dari teknik ini adalah untuk melakukan konvensasi dari transaksi pertama yang rugi tadi.

~ Langkah ketiga adalah Everaging. Teknik ini merupakan sebuah teknik yang cukup beresiko, sebab dibutuhkan sebuah saldo yang banyak. Untuk itu teknik ini tidak saya anjurkan.


3). Mooney Manajemen
Sebagian dari anda saya yakin masih bingung mengenai Mooney Manajemen benar bukan? Yaaa saya yakin itu. Jadi Mooney Manajemen adalah sebuah bentuk pengolahan yang kita gunakan untuk mengatur seluruh keuangan yang kita miliki.

Mooney manajemen juga adalah salah satu teknik yang benar - benar harus anada kuasai dengan benar, sebab dasar yang satu ini memiliki pengaruh yang sangat besar pada saat kita sedang trading.


Cara Melakukan Mooney Manajemen
Sebelum anda melakukan mooney manajemen anda harus membangun terlebih dahulu yang namanya resiko transaksi atau nominal setiap satu kali transaksi anda.

Anggaplah anda memiliki saldo dengan jumlah $100 kemudian buatlah resiko transaksi anda sebesar 2% dari saldo anda. Itu artinya setiap kali anda melakukan transaksi harus dengan saldo $2. Sebab 2% dari $200 adalah 2.

Andaikan anda los maka anda akan kehilangan sebesar $2 sehingga saldo anda saat ini tersisa $198. Untuk melakukan opsi perdagangan yang kedua tetap dengan 1%. Tetapi 1% dari saldo saat ini yaitu $198. Artinya anda harus melakukan opsi perdagangan dengan nominal sebesar $1.98.

Begitupun seterusnya. Jadi setiap transaksi anda harus dengan 1% dar jumlah saldo anda saat ini bukan saldo awal.

Tidak hanya sampai disini. Selain membuat resiko maksimum anda juga harus membangun yang namanya resiko maksimum transaksi atau batas los anda.

Misalkan batas los anda adalah sebesar 50% dari saldo. Dan saldo anda saat ini adalah $200. Maka 50% dari $200 adalah sebesar $100. Artinya jika anda sudah los sebesar $100 maka berhentilah. Lakukan pengembangan, cari letak kesalahan anda, dan cari juga penyebab los anda ada dimana.

Dengan begini setiap kali anda melakukan trading maka kemampuan trading anda selalu meningkat tidak disitu - situ saja.


4). Trading Plan
Mayoritas semua trader pemula tidak memiliki yang namanya trading plan, bahkan mereka tidak tahu apa itu trading plan, malah yang lebih parah nya lagi mereka baru tahu bahwa ada yang namanya trading plan setelah mereka membaca artikel ini. wooooo :)

Trading Plan adalah sebuah aturan atau rencana trading kita. Siapa yang membuat Trading plan? Yaaa diri anda sendiri. Kok bisa gitu? Sebab yang akan menjalankan trading plan tersebut adalah diri anda sendiri dan harus berdasarkan karakter yang ada pada diri anda. Itulah kenapa saya sebutkan yang membangun trading plan harus diri anda sendiri.

Bagaimana Cara Membangun Trading Plan
  • Kenali Karakteristik anda. Dengan begini anda akan tahu trader seperti apakah anda ini, staretegi seperti apa yang cocok untuk anda, sistem trading seperti apa yang cocok untuk anda, dan metode trading seperti apa yang cocok untuk anda.

  • Kenali Tujuan Anda. Untuk apa anda melakukan trading? Apakah mendapatkan kekayaan maka lupakan itu. Percaya kepada saya trading tidak akan membuat anda kaya. Mengapa? Jika anda membuat tujuan anda menjadi orang kaya maka secara otomatis emosi, ambisi, dan nafsu anda akan meningkat. Dengan begini anda akan kehilangan yang namanya konsentrasi, anda pula akan lupa dengan trading plan anda. Alhasil trading tidak lagi dikendalikan dengan anda tetapi sudah dikendalikan oleh emosi anda.
Bagaimana masih ingin melupakan yang namanya dasar - dasar trading? Saya harap tidak lagi yaa.
Demikianlah artikel terkait dasar - dasar trading, jangan lupa berikan saran dan pendapat anda mengenai artikel ini. Terima kasih dan sampai bertemu di artikel selanjutnya.

        
      

Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan