-->
Load more

Cara Meningkatkan Kecepatan Dan Kinerja Pada Laptop/Pc Anda

Shares ShareTweet
Cara Meningkatkan Kecepatan Dan Kinerja Pada Laptop/Pc Anda

Ahlitech - Windows 10 adalah sistem operasi terkode yang paling efektif dan efisien dari perusahaan Microsoft. Windows 10 ini tidak hanya berfungsi sebagai sistem operasi pada laptop/PC anda saja tetapi Windows 10 juga memiliki fitur - fitur yang memerlukan sejumlah besar sumber daya sistem. Sisi positifnya, literasi terbaru dari Windows juga memiliki beberapa fitur built-in yang sangat berguna untuk meningkatkan efisiensi secara keseluruhan.

Jika anda merasa bahwa kinerja dari komputer anda telah melambat, kemungkinan besar hal tang terjadi adalah terdapat sejumlah kerusakan kecil pada perangkat anda dan kemungkinan besar juga penyebabnya adalah bloatware, file sementara / file sampah dan juga berupa perangkat keras yang sudah usang.

Kali ini, admin akan membagikan tips & trik untuk mempercepat kinerja pada Laptop/PC anda, termasuk defragging, membersihkan program yang tidak diinginkan, menonaktifkan efek khusus yang berlebihan dan bahkan melakukan peningkatan perangkat keras dan masih banyak lagi. Langsung saja berikut adalah tips & trik untuk mempercepat kinerja atau proses pada laptop/Pc anda.

1. Mematikan Laptop/Pc Setiap Selesai Mengunakannya
Banyak pengguna tetap menjalankan Laptop/PC mereka selama berminggu-minggu pada suatu waktu namun Windows 10 secara otomatis akan mengaktifkan mode sleep. Tetapi setiap proses yang sebelumnya telah dimulai akan terus berlanjut dan dapat terakumulasi dari waktu ke waktu sehingga memperlambat komputer kamu.

Kamu dapat memperbaiki masalah ini dengan mematikan Laptop/PC setiap hari setelah selesai menggunakannya, dengan mengklik tombol Windows dan memilih tombol Power.
Pastikan untuk menutup semua program yang sedang berjalan dan menyimpan pekerjaan kamu sebelum melakukannya. Jika Laptop/Pckamu melambat sehingga tidak dapat menampilkan menu Windows, tekan terus tombol Daya secara manual hingga Laptop/PC kamu sepenuhnya dimatikan.

2. Update Windows 10 Anda
Microsoft terus-menerus merilis pembaruan untuk Windows 10 yang dirancang untuk memperbaiki bug umum yang mengurangi kinerja sistem. Beberapa di antaranya cukup ringan sedangkan yang lain nya membuat perubahan signifikan pada sistem untuk memaksimalkan efisiensi.

Maka dari itu sangat disarankan bagi kamu mengUpdate Windows, untuk menegecek pembaruan buka menu Windows dan ketik Perbarui di bilah pencarian dan klik Periksa Pembaruan.

Jika pembaruan utama tersedia, pastikan kamu menyimpan dan mencadangkan data pribadi sebelum melanjutkan. Laptop/Pc kamu mungkin perlu restart beberapa kali untuk menerapkan semua pembaruan yang tersedia. Jika sudah lama sejak pembaruan terakhir, silahkan klik Periksa Pembaruan lagi setelah memulai ulang untuk memastikan tidak ada lagi yang tersedia.

3. Periksa Aplikasi Startup Anda Setiap Saat
Laptop/PC dapat menjadi macet oleh banyaknya proses yang berjalan. Ini sering terjadi karena banyak installer yang menginstruksikan Windows untuk menjalankan program dengan sendirinya segera setelah kamu menyalakan Laptop/PC.

Untuk memeriksa program startup, buka Task Manager (Ctrl + Alt + Del), kemudian klik tab 'Startup'. Perhatikan 'Startup Impact' dengan cermat untuk setiap program, misalnya 'High' karena ini salah satu cara yang bagus untuk menemukan aplikasi yang cenderung memperlambat sistem.

Untuk mencegah Windows 10 menjalankan program dengan sendirinya, klik kanan pada program lalu pilih 'Disable'.

4. Gunakan Disk Cleanup
Disk Cleanup adalah utilitas Windows yang sangat built-in. Kamu dapat menggunakannya untuk menghapus file sementara yang terakumulasi di komputer, seperti gambar mini, file program yang diunduh, dan halaman web offline.

Klik menu Windows dan ketik 'Disk Cleanup' di bar pencarian untuk memulai. Utilitas akan menampilkan pilihan file untuk dihapus. Cukup tandai kotak centang di samping setiap opsi. Klik 'Bersihkan File Sistem' untuk memulai. Disk Cleanup akan menghitung jumlah ruang penyimpanan kamu.

Ini juga merupakan cara yang bagus untuk menghapus file apa pun di hard drive yang tidak lagi kamu perlukan. Tempat yang mudah untuk memulainya adalah folder 'Unduhan'.

5. Hapus Software Yang Tidak Digunakan
Banyak pihak kerja sama yang mengirimkan software ke Laptop/PC mereka dengan melalui pihak ketiga, dan karena ukurannya yang besar dan biasanya tidak perlukan kadang-kadang membuat sistem kerja Laptop/PC kita melambat, biasanya ini disebut sebagai 'Bloatware'. Banyak pengguna komputer juga menginstal software untuk tujuan tertentu dan tidak pernah menggunakannya lagi, misalnya mendesain newsletter.

Program redundant menghabiskan banyak ruang pada hard drive dan dapat mengurangi kinerja. Untuk memeriksa aplikasi yang diinstal, buka 'Control Panel'> 'Programs'> 'Programs and Features'> 'Uninstall a Program'.

Klik kanan pada semua program yang tidak lagi diperlukan dan pilih 'Uninstall'. Windows 10 akan meminta izin untuk melakukan perubahan pada sistem. Klik 'Ya' untuk melanjutkan.

6. Tingkatkan RAM Pada Laptop/Pc
Keseluruhan kecepatan dari Laptop/Pc dapat ditingkatkan dengan meningkatkan jumlah memori virtual (RAM). Windows 10 membutuhkan minimal 4GB untuk berjalan dengan lancar, meskipun tidak memperhitungkan aplikasi sumber daya yang memakan banyak ruang seperti video game.

Solusi termudah untuk ini adalah menginstal lebih banyak RAM. PC memiliki sejumlah 'slot' RAM di mana kamu dapat memasukkan chip. Untuk menentukan jenis memori yang digunakan mesin, buka Task Manager (Ctrl + Alt + Del), lalu klik 'Performance'. Sistem akan menampilkan slot memori yang digunakan serta jenis penggunaannya misalnya DDR4.

Memasang chip RAM baru cukup sederhana. Jika kamu melakukannya sendiri, gunakan gelang tangan anti-statis untuk mencegah kerusakan pada komponennya. Atau banyak toko reparasi PC yang dapat melakukan upgrade perangkat keras untuk kamu dengan biaya yang kecil.

Ahir Kata
Demikianlah Artikel terkait Cara Meningkatkan Kecepatan Dan Kinerja Pada Laptop/Pc Anda, jangan lupa berikan gagasan, pendapat, dan saran anda semua. Dan jangan lupa juga untuk berlangganan dengan website kami agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru yang akan kami update setiap harinya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Windows 10 Yang Suka Update Sendiri Pada Komputer/Laptop Anda

Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan