-->
Load more

Pengertian Dan Jenis Jaringan Pada Komputer Yang Harus Diketahui

Shares ShareTweet
Pengertian Dan Jenis Jaringan Pada Komputer Yang Harus Diketahui - Jika anda adalah seorang ahli jaringan atau sedang dalam pendidikan yang berfokus pada jaringan komputer tentu tidak asing lagi dengan istilah Jaringan Komputer. sering sekali seorang ahli jaringan sekalipun tidak paham apa itu jaringan komputer. Jadi disini saya akan menjelaskan apa pengertian Jaringan Komputer dan jenis jenis jaringan yang ada pada komputer.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas beberapa unit komputer yang didesain sedemikian rupa sebagaimana tujuan utamanya yakni dapat berbagi sumber daya (  CPU, Printer, Scanner ) berkomunikasi ( Pesan instan, surel), dan dapat mengakses informasi ( Situs Web ). Menurut pembagiannya, jaringan komputer dapat dapat dibedakan menjadi dua yaitu, Jaringan Terdistribusi dan jaringan Tersentral.

Jaringan Terdistribusi adalah jaringan komputer yang secara kerjanya dilakukan oleh semua prangkat komputer didalamnya. ini berarti tidak ada perbedaan antara server dengan Client contoh penerapan dari jaringan ini adalah Peer To Peer. sedangkan jaringan tersentral adalah jaringan komputer yang carakerjanya berbeda baik itu Server maupun Clien, contoh dari penerapan jaringan ini adalah Jaringan Client Server. Dimana Pemusatan Jaringan Komputer Tersentralisasi pada komputer Sever.

Jadi kesimpulannya sebuah jaringan dikatakan jaringan komputer, Apabila komputer-komputer saling terhubung dan dapat berbagi sumber daya satu sama lain. Untuk lebih mendalami Jaringan Komputer silahkan anda simak ulasan dibawah.

Jenis Jaringan Pada Komputer

Jika sebelumnya kita telah membahas tentang pengertian jaringan komputer, maka untuk lebih memahami tentang jaringan komputer disini akan saya bahas 5 jenis jaringan komputer. Berikut adalah jeni - jenis dari jaringan komputer: 

1.  Personal Area Network ( PAN ) 


Pengertian Dan Jenis Jaringan Pada Komputer Yang Harus Diketahui

Personal Area Network ( PAN ), janis jaringan ini adalah jenis jaringan Personal, saat anda menghubungkan komputer atau prangkat lain seperti smartphone,keybord, mouse atau kamera dan peralalatan lainnya yang jaraknya cukup berdekatan , maka anda telah membentuk sebuah system jaringan pribadi atau Personal Area Network. agar prangkat-prangkat bisa salaling terhubing biasa nya kita akan menghubungkan melalui port USB atau dapat juga memanfaatkan teknologi Wireless.

2. Local Are Network (LAN)


Pengertian Dan Jenis Jaringan Pada Komputer Yang Harus Diketahui

Local Are Network (LAN) jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, jaringan jenis biasanya menghubungkan antar komputer-komputer yang ada disebuah are, contoh nya disebuah kantor yang luasnya tidak lebih dari 2000 m.. tergantung dari jenis kabel yang digunakan. jenis jaringan ini memungkinkan kita untuk salaling berbagi sumberdaya dan informasi. salah satu dari pemanfaatan jaenis jaringan ini adalah Sharing Printer dan file.

3. Metropolitan Area Network (MAN)


Pengertian Dan Jenis Jaringan Pada Komputer Yang Harus Diketahui

Metropolitan Area Network (MAN), Adalah jaringan komputer yang memiliki area lebih besar dari Lan, biasanya antar wilayah dalam satu provinsi. jaringan MAN menghubungkan beberapa buah jaringan kecil kedalam lingkungan area yang lebih besar. salah satu ddari pemanfaat jaringan ini bisa kita lihat pada kantor kantoh yang memiliki cabang dibeberapa daerah. maka agar dapat saling terhubung dan saling bertukaran data maka dibangunlah jaringan MAN. 

4. Wide Are Network ( WAN )


Pengertian Dan Jenis Jaringan Pada Komputer Yang Harus Diketahui

Wide Are Network ( WAN ) Adalah jaringan dari gabungan jaring LAN dan MAN, yang telah mengalami pengembangan infrastruktur jaringan sehingga jarak cakupannya semakin jauh yaitu Dunia. Sebuah WAN memiliki ruang lingkup yang sangat besar dan sudah menggunakan teknologi Satelit, Wireless ataupun kabel Fiber Optik. Jika anda ingin menggunakan jaringan WAN, anda membutkan ISP ( Internet Service Provider ) Misalnya Telkom atau Indosat.

5. Jaringan Tanpa Kabel ( Wireless)


Pengertian Dan Jenis Jaringan Pada Komputer Yang Harus Diketahui

Jaringan Tanpa Kabel ( Wireless) atau jaringan Nirkabel  Jenis jaringan yang satu ini sangat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Jenis jaringan ini adalah salah satu jalan keluar untuk mengatasi jaringan yang tidak dapat menggunakan kabel.  Jenis jaringan ini dapat memberikan kecepatan akses yang lebih cepat bila dibandingkan dengan jaringan menggunkana kabel. tetapi pemanfaat jenis jaringan ini tidak begitu baik jika digunakan dalam gedung karna akan menghambat Sinyal. 

Ahir Kata

Demikianlah artikel terkait Pengertian Dan Jenis Jaringan Pada Komputer Yang Harus Diketahui, jangan lupa kunjungi lagi website kami yaitu Ahlitech, sebab admin memiliki banyak sekali informasi menari terkait teknologi yang akan diupdate setiap harinya, dan terima kasih juga telah berkunjung, sampai bertemu pada artikel selanjutnya.

Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan