-->
Load more

Pengertian, Cara Kerja Macro Excel dan VBA ( Visual Basic For Application ) Lengkap

Shares ShareTweet
Pengertian, Cara Kerja Macro Excel dan VBA ( Visual Basic For Application ) Lengkap

Pengertian, Cara Kerja Macro Excel dan VBA ( Visual Basic For Application ) Lengkap - Dibeberapa perusahaan yang berskala besar atau kecil biasanya merekrut calon tenaga kerja yang berkompeten dibidangnya, dan biasanya dari beberapa posisi yang ditawarkan ada syarat mutlak yang harus anda penuhi, yakni telah mahir menggunakan Microsot Office, tentunya kaitan nya dengan judul ini yang membahas Defenisi Macro Excel dan VBA adalah bahawa Macro Excel dan VBA adalah bahagian dari Microsoft Office karna fitur ini akan anda jumpai pada microsoft Excel. maka untuk itu sangat perlu kita memahami pengertian dari Macro Excel dan VBA sebelum lebih jauh mempelajarinya.


Pengertian, Cara Kerja Macro Excel dan VBA (Visual Basic For Application) 

1. Macro Excel

Macro excel adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh microsoft excel, guna menangani pekerjaan yang panjang, berulang-ulang serta cukup kompleks. Macro bekerja dengan cara membuat printah atau merekam perintah berupa kode dengan menggunkan bahasa VBA.

Menurut John Walkenbach, Macro Excel bukanlah sebuah pemroggraman melainkan baris baris kode yang dengannya anda ingin Excel melakukan sesuatu secara otomatis.

Menurut Mc Office, Macro Excel sebuah alat yang memungkinkan anda untuk menjalankan perintah secara otomatis dan menambahkan serta menambahkan fungsionalitas pada formulir, laporan, dan kontrol anda.


2. VBA

VBA adalah bahasa pemograman yang ditempelkan/dipaketkan pada microsoft excel, guna mendukung fungsi macro atau macros. dalam VBA, disebutkan Basic akan tetapi tidak mengacu pada arti sebenarnya yaitu "dasar".Basic VBA merupakan kepanjangan dari Beginner's All Purpose symblolic Instruction Code. yang jika diartikan dalam bahasa indonesia adalah "simbol kode yang dapat digunakan untuk berbagai keperluanbagi pemula". Maka dari arti tersebut, VBA memang disediakan dalam paket bahasa pemrograman yang sederhana dan mudah dipraktikkan. VBA adalah satu-satunya bahasa pemrograman yang dapat digunakan dalam pembuatan macro.

Menurut John Walkenbach, VBA adalah bahasa pemroggraman yang anda gunakan untuk membuat Macro.

Menurut Mc Office, VBA adalah sebuah perintah yang memungkinkan anda untuk menjalankan tugas - tugas tertentu secara otomatis dan menambahkn fungsi - fungsi lainnya pada aplikasi Excel. Anda dapat memperluas kegunaan VBA dengan memanfaatkan fungsi dari pihak ketiga, dan anda dapat menulis fungsi dan prosedur sesuai dengan keinginan anda.

Kesimpulan

Jadi setelah membaca pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa betapa pentingnya kita mempelajari dan memahami Cara kerja Macro Excel dan VBA, karna keduanya dirancang satu paket.  Tentunya jika anda adalah pemula anda perlu memahami cara kerja dari Macro Excel dan VBA.

Demikianlah artikel terkait Pengertian, Cara Kerja Macro Excel dan VBA (Visual Basic For Application), jangan lupa Berlanggangan dengan website kami agar anda mendapat update artikel terbaru dari kami secara Gratis. Dan terima kasih telah berkunjung, sampai jumpa.

Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan