-->
Load more

Jenis Jenis Mikrotik Pada Jaringan Komputer Yang Harus Anda Ketahui

Shares ShareTweet
Jenis Jenis Mikrotik Pada Jaringan Komputer Yang Harus Anda Ketahui

Ahlitech.com-Mikrotik adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jaringan komputer yang mengembangkan perangkat lunak atau software dan perangkat keras dalam jaringan. Mikrotik sendiri mempunyai motto yaitu "Routing the World". Perusahaan ini terletak di Kota Riga, Latvia (Eropa bagian utara).

Mikrotik sendiri mengembangkan beberapa jenis dari produknya yaitu sistem operasi yang diberi nama Mikrotik RouterOS dan RouterBoard yaitu sebuah perangkat keras yang sudah berisi sistem operasi mikrotik yang mampu menjalankan semua fungsi seperti router.


Kelebihan Mikrotik
1). Harga yang cukup Terjangkau.2). User Friendly.3). Mudah Penggunannya.4). Banyak Fitur-Fitur Menarik.5). Dapat Berperan Sebagai Router.6). Mikrotik juga sudah bisa mendeteksi berbagai macam ethernet card dari berbagai vendor yang ada.


Kekurangan Mikrotik
Mikrotik belum mampu menangani sebuah jaringan internet yang berskala besar, karena sertifikasi yang dikeluarkan merupakan sertifikasi yang kurang begitu ternak, dan tidak seperti halnya cisco yang sertifikasinya diakui oleh internasional, sehingga hal ini yang menjadikan mikrotik mempunyai kekurangan.


Jenis-jenis Mikrotik

1. Mikrotik RouterOS

Jenis Jenis Mikrotik Pada Jaringan Komputer Yang Harus Anda Ketahui

Mikrotik RouterOS adalah sebuah sistem operasi jaringan berbasis UNIX yang memungkinkan untuk bisa menjadikan komputer biasa mempunyai kemampuan seperti halnya router, firewall, bridge, hotspot, proxy server dan lain sebagainya. Sistem operasi ini sangat ringan dan hanya membutuhkan spesifikasi peraskat keras yang rendah untuk bisa menjalankannya. Untuk itu banyak orang menggunakan sistem operasi ini untuk membangun router pada jaringan mereka. kestabilan dan kemudahan yang ditawarkan oleh mikrotik routerOS membuat banyak perusahaan-perusahaan besar dan lembaga pendidikan berbasis networking menggunakan mikrotik sebagai dasar dan standar untuk router.

 
kelebihan Mikrotik RouterOS

1). Mikrotik RouterOS mampu merubah komputer biasa (PC) sebagai router yang handal dan berkwalitas.
2). Berbasis linux sehingga sangat ringan untuk digunakan.
3). Diinstall sebagai sistem operasi
4). Biasanya diinstall pada power PC

Kelemahan Mikrotik RouterOS
Untuk kekurangan dari Mikrotik ini adalah belum mampu menangani sebuah jaringan internet dalam skala besar, karena sertifikasi yang dikeluarkan merupakan sertifikasi yang kurang begitu terkenal tidak seperti halnya dengan cisco yang sertifikasi nya diakui oleh internasional, sehingga hal ini yang menjadikan mikrotik mempunyai kekurangan.

2. RouterBoardJenis Jenis Mikrotik Pada Jaringan Komputer Yang Harus Anda Ketahui
RouterBoard adalah sebuah perangkat keras jaringan komputer yang dikembangkan oleh mikrotik yang didalamnya terinstall sistem operasi mikrotik RouterOS. RouterBoard seperti halnya komputer, tetapi RouterBoard memilki ukuran yang sangan kecil dan praktis. Didalam RouterBoard juga terdapat Processor, RAM, ROM dan memory flash.

Pada Routerboard juga tersedia mulai low-end sampai dengan hight-end Router. Product dari mikrotik RouterBoard yang paling sering kita jumpai dipasaran adalah Mikrotik RB750.


Kelebihan RouterBoard

1). Simple dibawa kemana mana apalagi kalo RB750, mungkin bisa ditaru disaku.
2). License dijamin resmi kalo memang langsung dari pabriknya.
3). User Friendly.
4). Tidak butuh resource listrik yang tinggi.
5). Tidak rentan kena HDD yang Corupt atau juga Badsector, karena bukan mengandalkan putaran piringan seperti hardisk.
6). Bisa di dapatkan di banyak vendor jaringan, karena RB sudah populer dan mendunia.
7). Garansi terjamin apabila terjadi kerusakan.


Kekurangan RouterBoard

1). Troubleshooting yang cukup sulit jika mengalami trouble yang cukup parah.2). Apabila komponen rusak maka susah buat mengganti komponen tersebut, mungkin kalo memang bisa harus diganti atau sampe di soldier segala.3). Untuk sekelas RB 750 terkadang suka hang akibat dari resouce cpu yang penuh.4). Tidak membutuhkan device tambahan seperti monitor, cukup dengarkan beepnya saja pada saat booting RB nya.

Nah itu penjelasan lengkap terkait jenis jenis mikrotik sekaligus Kelebihan dan Kekurangannya juga, semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat kepada kalian semuaSelain itu, mikrotik juga memiliki kelebihan dan kekurangan jika digunakan secara langsung pada komputer.


Kelebihan Memakai PC dengan Router Mikrotik

1). Dibandingkan dengan router dari vendor lain, Mikrotik ini sangat cocok dan sifatnya kuat jika dijadikan sebuah router dalam komponen yang cukup besar, apalagi jika dilihat secara fisiknya sebuah router mikrotik.
2). Apabila kita mengalami sebuah kendala, contohnya semua komponen dari Router rusak, tetapi harddisk nya masih bisa digunakan, maka bisa dikategorikan aman, karena data tidak akan hilang.
3). Lebih friendly apabila kita ingin memodifikasi dalam spek yang lebih tinggi untuk proxy server.
4). Kemudian untuk proses format, mikrotik ini cenderung paling mudah dibanding router lain. Karena, tinggal tinggal burn disk mikrotik lalu bisa dilakukan format seperti biasanya.


Kekurangan Memakai PC dengan Router Mikrotik

1). Sulit untuk melakukan re-setting apabila kita lupa dengan passwordnya.
2). Membutuhkan banyak tempat untuk memasang.
3). Membutuhkan banyak listrik.
4). Sering sekali terjadi bad sector harddisk.
5). Sedikit terlalu ringkih apabila dibawa kemana-mana apalagi ke tempat yang jauh.

Dari beberapa kekurangan dan kelebihan Mikrotik bisa Anda jadikan sebuah informasi untuk memasang sebuah jaringan internet. Kemudian bisa dipertimbangkan kembali mana yang akan Anda pakai untuk membuat sebuah network. 
Demikian ulasan yang bisa admin sampaikan terkait Jenis Jenis Mikrotik Pada Jaringan Komputer, semoga dapat membantu anda semua, terima kasih telah berkunjung dan sampai bertemu pada artikel selanjutnya.

Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan