-->
Load more

Inilah Yang Terjadi Jika Artikel Di Blog Anda Dilaporkan Pada Google DMCA

Shares ShareTweet
Inilah Yang Terjadi Jika Artikel Di Blog Anda Dilaporkan Pada Google DMCA-Setelah sekian lama menulis di blog, tiba-tiba saja blog yang sedang sobat baca ini salah satu artikelnya dituduh melakukan copy paste. Saya selaku penulis sangat terkejut tentunya, sebab di setiap penulisan artikelnya saya selalu memperhatikan kalimat per kalimat, apakah sama dengan isi artikel milik orang lain.

Serta semua artikel yang dipublikasikan juga merupakan hasil pemikiran dan pengalaman saya sendiri. Saya sangat menghargai karya orang lain, maka dari itu haram hukumnya bagi saya untuk meniru tulisan orang lain.

Inilah Yang Terjadi Jika Artikel Di Blog Anda Dilaporkan Pada Google DMCA


Namun, entah mengapa artikel yang sebelumnya pernah dimunculkan di blog ini (sekarang sudah dihapus) dilaporkan ke website Google DMCA Protected, yang mana situs tersebut merupakan tempat pelaporan konten yang berbau copy paste.

Entah siapa orang yang melaporkannya saya tidak tahu, namun saya merasa kesal pastinya karena pada saat tahap penulisan artikelnya saya tidak pernah menyontek blog manapun, hanya merangkum poin-poin penting saja yang nantinya akan saya jabarkan.

Karena pada saat ingin menulis bahkan penulis dengan skill tinggi juga harus mencari referensi tentang pokok bahasan yang ingin ditulisnya, sumbernya bisa berasal dari buku, televisi, media cetak, dan internet. Itulah yang saya lakukan sebelum menulis.


Konten Apa Yang Dilaporkan Copy Paste ke DMCA Protected

Perlu diketahui, konten blog itu bukan hanya artikel saja melainkan gambar, video, dan bisa jadi link yang mengarah ke website lain. Jadi, semua hal tersebut harus dimiliki sepenuhnya oleh pemilik blog pada saat memasukkannya ke dalam blog, jika tidak maka bisa saja dilaporkan sebagai pencuri konten.

Nah, kebetulan semua pernak-pernik blog tersebut memang seutuhnya dipunyai oleh saya sendiri selaku penulis. Seperti artikel hasil dari pemikiran sendiri, gambar saya ambil dari screenshot pribadi terkadang mencomot dari situs penyedia gambar gratis.

Sementara video, saya tidak pernah memasukkannya ke dalam blog ini karena memang saya tidak memiliki video yang berkaitan dengan topik blog ini. Sedangkan link tentu saja sulit untuk dikatakan melanggar hak cipta orang lain.

Karena jika suatu link menuju website tertentu terpasang pada blog orang lain dan kita mengcopy nya lalu ditaruh di blog kita pasti hal tersebut bukan termasuk tindakan melanggar aturan.

Karena banyak di luar sana blog-blog yang memasang link keluar yang sama dengan website lain.

Lantas konten apa yang dilaporkan ke Google DMCA Protected? nah, sekali lagi saya tidak mengetahui konten jenis apa yang dituding telah melakukan copy paste oleh oknum tertentu.

Masalah tersebut masih tanda tanya sampai saat ini sebab saat saya cek blog lain tidak ada artikelnya yang sama persis atau setidaknya 70% sama dengan artikel saya.


Tindakan Yang Seharusnya Dilakukan Jika Artikel Blog Dilaporkan Copas

Cara mengatasi pelaporan Google DMCA Protected bisa dengan melapor balik si pelapor dengan memberi tahu google bahwa kita lah pemilik sebenarnya artikel tersebut.

Caranya mudah, silahkan sobat buka email pemberitahuan perihal copas artikel dan klik link seperti gambar di bawah.

Inilah Yang Terjadi Jika Artikel Di Blog Anda Dilaporkan Pada Google DMCA


Maka, sobat akan langsung diarahkan ke halaman pengisian formulir. Isilah data-data yang menunjukkan kalau sobat tidak pernah melakukan copas artikel.

Setelah itu tinggal menunggu persetujuan dari google, jika pengajuan sobat diterima maka artikel blog sobat yang dituduh copas akan diperbolehkan kembali untuk dipublikasikan.

Sementara jika pengajuan sobat ditolak maka tidak akan mengubah apapun, sobat harus menghapus artikel yang dilaporkan ke Google DMCA tersebut agar kedepannya tidak terjadi masalah bagi blog sobat.

Cara ini hanya untuk sobat yang tidak pernah melakukan copy paste namun tetap saja artikelnya dilaporkan ke Google DMCA, sedangkan jika sobat memang merasa artikel tersebut adalah salinan dari milik orang lain sebaiknya sobat mengaku salah saja dan segera menghapusnya.

Kalau solusi dari saya lebih baik sobat langsung saja menghapus artikel yang dilaporkan tersebut, entah sobat merasa salah atau tidak agar kasusnya tidak menjadi berlarut-larut. Bagi saya satu artikel tidak apa-apa direlakan daripada artikel tersebut nantinya menjadi penyebab blog hilang dari peredaran.

Kecuali jika dua atau tiga artikel kita yang dituduh copas, itu sih kebangetan namanya. Langsung sikat saja si pelaku.


Yang Tejadi Jika Artikel Anda Dilaporkan ke Google DMCA

Pengaruh negatif terkait pelaporan blog copas ke Google DMCA Protected antara lain :

  1. Postingan yang diduga copas akan dikembalikan ke draft.
  2. Kepercayaan google terhadap blog tersebut menurun.
  3. Tidak dapat menayangkan iklan adsense pada artikel yang dilaporkan tersebut.
  4. Banned akun adsense.
  5. Penghapusan blog untuk selamanya.

Kesimpulan

Untuk tukang lapor ke Google DMCA, sebaiknya lihat dulu apakah blog yang akan dilaporkan mengandung kalimat yang sama persis dengan blog Anda, kalau memang iya maka langsung laporkan saja karena perbuatan copas memang tidak baik dan jangan lupa sertakan bukti yang kuat.

Namun jika hanya satu kalimat (kata setelah titik hingga sebelum titik) saja yang sama itu hanya kebetulan sama, jadi Anda tidak perlu membuat masalah tersebut menjadi besar karena bagi google hal tersebut adalah biasa.

Untuk korban pelaporan Google DMCA yang tidak pernah merasa melakukan tindakan copy paste sebaiknya periksa dahulu artikel blognya, cek juga blog lain apakah isinya hampir sama persis atau tidak.

Jika memang tidak terbukti bersalah bisa laporkan balik si pelapor agar membuat jera dia untuk tidak melakukan tindakan konyol lagi. Solusi kedua bisa dengan cara sabar, sabar, dan sabar.


Demikianlah artikel terkait Yang Terjadi Jika Artikel Di Blog Anda Dilaporkan Pada Google DMCA, jika ada kesalahan kata admin minta maaf, semoga bermanfaat dan sampai bertemu pada artikel selanjutnya.

Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan