-->
Load more

Inilah Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan Beserta Jenisnya

Shares ShareTweet
Inilah Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan Beserta Jenisnya

Komunikasi adalah sebuah pertukaran informasi, gagasan, dan pendapat antara dua orang atau lebih. Komunikasi terjadi jika saya berbicara, anda mengerti dan sebaliknya jika anda berbicara, saya mengerti. Komunikasi juga dapat diartikan sebagai perbuatan mentransfer pesan atau informasi dari satu tempat ke tempat lain, baik secara verbal atau lisan (menggunakan suara), tertulis (menggunakan barang cetak atau media digital seperti buku, majalah, laman, atau surel), maupun secara nirkata atau nonverbal (menggunakan bahasa tubuh, gerak isyarat/gesture, serta tekanan atau tinggi nada suara).
        
Fungsi Komunikasi 
1). Sebagai informasi
2). Sebagai kendali
3). Sebagai motivasi
4). Sebagai pengungkapan emosional

Jenis Komunikasi

1). Komunikasi lisan atau verbal, yaitu cara komunikasi menggunakan kata-kata baik hal itu di ucapkan maupun di tulis.

2). Komunikasi nirkata atau nonverbal, yaitu komunikasi menggunakan bahasa tubuh, bahasa gerak atau isyarat (gesture) atau gambar.

Komunikasi daring atau komunikasi virtual adalah cara berkomunikasi dimana penyampaian dan penerimaan informasi atau pesan dapat dilakukan dengan menggunakan internet atau melalui dunia maya (cyberspace). Internet adalah media komunikasi yang cukup efektif dan efisien dengan tersedianya berbagai layanan fasilitas seperti web, chatting (mIR chat, yahoo massanger, gtalk, dll), email, friendster, facebook, dan twitter. Kegemaran berkomunikasi yang bermedia internet ini menimbulkan suatu komunitas baru yang disebut komunikasi virtual.


Keunggulan Komunikasi Daring

1). Dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja
2). Efisien biaya
3). Efisien waktu
4). Terintegrasi dengan layanan TIK lainya
5). Meningkatkan intensitas berkomunikasi
6). Meningkatkan partisipasi

Kelemahan Komunikasi Daring
1). Tidak mewakili emosi pengguna
2). Memerlukan perangkat khusus
3). Terlalu banyak informasi yang tidak penting
4). Menyita konsentrasi

Jenis Komunikasi Daring


1). Komunikasi daring sinkron (serempak)
Komunikasi daring serempak (sinkron) adalah komunikasi menggunakan komputer sebagai media yang  terjadi secara serempak, waktu nyata (real time). Contoh komunikasi sinkron antara lain text chat dan video chat.

2). Komunikasi daring asinkron (tak serempak)
Komunikasi daring tak serempak (asinkron) adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron adalah e-mail, forum, rekaman simulasi virtual, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui world wide web.

Komponen Pendukung Komunikasi Daring

1). Komponen perangkat keras (hardware)
2). Komponen perangkat lunak (software)
3). Komponen perangkat nalar atau akan (brainware)

Demikianlah artikel terkait Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan Beserta Jenisnya, semoga bermanfaat bagi anda semua dan sampai bertemu pada artikel selanjutnya.

Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan