-->
Load more

Pengertian LAN, Manfaat LAN, Beserta Kelebihan Dan Kekurangan LAN

Shares ShareTweet
Pengertian LAN, Manfaat LAN, Beserta Kelebihan Dan Kekurangan LAN

Pengertian LAN, Manfaat LAN, Beserta Kelebihan Dan Kekurangan LAN- Jadi LAN merupakan singkatan dari Local Area Network, kesimpulannya jaringan LAN adalah suatu jenis jaringan komputer dengan cakupan wilayah lokal. LAN menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana, perangkat jaringan yang digunakan pada LAN contoh nya HUB, Switch, Router, dan perangkat jaringan lainnya dan dihubungkah oleh kabel UTP ( Unshihielded twisted-pai), contoh penggunaan jaringan LAN seperti pada Warnet, Sekolah, perusahaan, atau antara rumah yang masih mencakup wilayah LAN.

Keuntungan dari penggunaan jaringan LAN adalah
  • Lebih Irit dalam penggunaan Kabel
  • Transfer data antar Node lebih cepat
  • Cara Pembuatannya Cukup Mudah
  • Memungkinkan untuk Sharing Printer
  • Resiko kehilangan Data oleh virus tergolong kecil
  • Antar client dapat berkomunikasi dengan mudah

Setelah mengetahui keuntungan dari penggunaan jaringan LAN maka kita perlu memahami kerugian menggunakan jaringan LAN juga, apa sajakah kerugian dari penggunaan LAN, simak ulasan dibawah.

  • Karena Cakupan wilayah jaringan LAN cukup sempit sehingga tidak dapat berkomunikasi dengan dengan jaringan luar. 
  • Cakupan trasfer data terbatas.

Jika telah mengetahui keuntungan dan kerugian menggunakan jaringan LAN, tentu kita perlu mengetahui seperti apa gambaran LAN yang sering digunakan pada saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada Teknologi IEEE 802.3. Ethernet menggunakan perangkat switch yang mempunyai kecepatann transfer data 10, 100 atau 100 Mbit/s. tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wifi disebut hotspot.

Setelah mengetahu tentang gambaran LAN yang umum digunakan, tentu anda perlu memahami seperti apa karakteristik jaringan LAN, dibawah ini adalah Karakteristik jaringan LAN.

  • Mempunyai Pesan Data Yang lebih Tinggi.
  • Meliputi Wilayah Geografis Yang Sempit.
  • Tidak memerlukan Jalur telekomunikasi yang disewa.
  • Biasanya salah satu komputer yang adapajaringan LAN dapat berperan sebagai Server.

Setelah memahami pengertian LAN, keuntungan menggunakan LAN, Kerugian Menggunakan LAN dan Mengetahui ciri-ciri LAN, maka kita perlu memahami cara kerja dari jaringan LAN itu sendiri.


Perinsip Kerja Jaringan LAN

Seperti yang telah anda ketahui bahwa LAN dibatasi oleh wilayah maka dapat kita ketahui bahwa LAN dibatasi oleh lokasi secara fisik. Adapun penggunaan LAN itu sendiri mengakibatkan semua komputer dapat saling terhubung dalam jaringan dapat saling berkomunikasi, dengan demikian dalam sebuah jaringan dapat saling menggunakn perangkat jaringan secara bersama.

Jadi itu lah yang dapat admin sampaikan terkait Pengertian LAN, Manfaat LAN, Beserta Kelebihan Dan Kekurangan LAN, semoga anda telah memahami lebih jauh tentang jaringan LAN, untuk menindak lanjuti materi ini, admin akan menambahkan lagi materi terkait dari LAN, yaitu peralatan yang dibutuhkan dalam membangun LAN, agar lebih jelas simak ulasan dibawah.

Pengertian LAN, Manfaat LAN, Beserta Kelebihan Dan Kekurangan LAN

Peralatan Yang Bibutuhkan Dalam Membangun LAN

Jaringan LAN ( Local Area Network ) adalah Network atau jaringan  sejumlah sistem komputer yang lokasinya terbatas di dalam sebuah gedung atau sebuah kompleks gedung, sama seperti yang sudah admin jelaskan diatas tadi. LAN dibangun menggunakan perangkat-perangkat jaringan sehingga LAN dapat saling terkoneksi dengan baik, adapun alat yang dibutuhkan untuk membangun Jaringan LAN adalah sebagai berikut.

1. Router
Pengertian LAN, Manfaat LAN, Beserta Kelebihan Dan Kekurangan LAN

Router adalah jantung pada sebuah jaringan router berfungsi untuk menghubungkan jaringan yang satu dengan jaringan yang lain yang memiliki Network yang berbeda. Dalam kasus ini router menghubungkan jaringan internet dengan LAN.



2. Switch/ Hub


Pengertian LAN, Manfaat LAN, Beserta Kelebihan Dan Kekurangan LAN

Berbeda dengan router, switch/hub berfungsi untuk menghubungkan masing-masing komputer pada sebuah jaringan LAN.


3. Ethernet Card


Pengertian LAN, Manfaat LAN, Beserta Kelebihan Dan Kekurangan LAN

Ethernet Card  ( Kartu jaringan ) adalah sebuah adapter untuk mencolokkan kabel ethernet , sehingga komputer bisa terhubung menuju jarngan. biasanya pada komputer-komputer keluaran baru Ethernet Card telah di pasang secara Onbor, sehingga tidak perlu lagi untuk membelinya. namun jika anda ingin menjadikan salah satu komputer menjadi Server sebaiknya menambah satu lagi Etheret Card karna syarat sebuah komputer menjadi server adalah memiliki Ethernet Card Minimal dua.


4. Ethernet Kabel



Ethernet Cabel yaitu kabel yang digunakan untuk menghubungkan server ke router, client ke server. ujung pada kabel ini diberi sebuah konektor yaitu RJ 45. RJ 45 memiliki 2 konfigurasi yakni Straight dan Cross Over. Straight Digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan yang berbeda contohnya antara komputer switch sedangkan Cross Over Digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan yang sama contohnya antara komputer ke komputer atau raouter ke router.


5. Modem
Pengertian LAN, Manfaat LAN, Beserta Kelebihan Dan Kekurangan LAN

Jika ingin menghubungkan jaringan ke Internet maka dibutuhkan modem. jika pada LAN tiodak menggunakan Modem maka tidak dapat terhubung ke Internet.


6. Peralatan lain yang dibutuhkan
Peralatan yang lain yang dibutuhkan selama proses penegerjaan LAN adalah, Crimping tools, LAN Tester, Multimeter. 
  • Crimping Tools , Crimping Tools digunakan untuk menyambungkan RJ-45 dengan Kabel Ethernet. 
Pengertian LAN, Manfaat LAN, Beserta Kelebihan Dan Kekurangan LAN
  • LAN Tester, Digunakan untuk untuk menguji kabel LAN, apakah telah terkonfigurasi denga baik atau tidak. 
Pengertian LAN, Manfaat LAN, Beserta Kelebihan Dan Kekurangan LAN

Itulah beberapa peralatan yang digunakan untuk membangun LAN, demikian artike terkait Pengertian LAN, Manfaat LAN, Beserta Kelebihan Dan Kekurangan LAN sekaligus peralatan yang dibutuhkan dalam membangun LAN, jika ada kalimat yang tidak jelas silahkan ditanyakan, dan jangan lupa kunjungi lagi dan lagi website pakartekno.com sebab admin memiliki banyak informasi menarik yang akan di update setiap harinya, terima kasih.

Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan