-->
Load more

Pengertian Domain Dan Hosting Menurut Para Ahli Dan Jenisnya

Shares ShareTweet
Pengertian Domain Dan Hosting Menurut Para Ahli Dan Jenisnya

Hii sobat semua, kali ini Ahlitech.com akan memberikan informasi seputar Domain Dan Hosting, tentu kita sangatlah sering mendengar istilah domain dan hosting dalam dunia blogging maupun internet, atau bahkan anda sudah berencana untuk membuat domain baru TLD untuk mengupgrade domain blogspot anda?

Domain dan hosting sangatlah penting dalam sebuah blog dan tentu dengan adanya domain dan hosting yang berkualitas akan meningkatkan seo pada blog.

Tetapi sebelum itu, sudah tahukah anda mengenai pengertian dari domain dan hosting ?
Jika anda adalah seseorang yang belum pernah sama sekali terjun dalam dunia blogging tentu anda akan dibuat bingung mengenai domain dan hosting.

Tak sedikit dari mereka yang masih bingung mengenai domain dan hosting walaupun mereka sudah memiliki sebuah blog, dan alhasil akibat kecerobohan tersebut para pabliser pun sangat sulit dalam membangun dan mengembangkan blog nya masing masing.

Untuk itu Pakar Tekno membagikan informasi mengenai pengertian domain dan hosting menurut para ahli dan jenis nya, apa sajakah itu? Yuk simak di bawah ini :


Apa Itu Domain?


Pengertian Domain Dan Hosting Menurut Para Ahli Dan Jenisnya

Domain adalah sekumpulan nama yang kita gunakan dalam sebuah website atau server yang berfungsi untuk mengingatkan dan memudahkan para pengunjung saat ingin mengakses website kita.

Domain ini bisa kita dapatkan dengan cara membeli dari website resmi yang menyediakan layanan jasa dalam pembelian domain dan tentu dengan melakukan pembayaran saat pembelian dan juga melakukan pembayaran setiap tahunnya sebab domain memiliki expired. Biasanya dalam jangka waktu 1 bulan sampai pertahun tergantung keinginan anda.

Jenis Jenis Domain


Top Level Domain 

Top Level Domain atau yang lebih kita kenal dengan sebutan TLD adalah sekumpulan kata yang beradi di ahiran nama domain kita. Contoh nya seperti www,pakartekno.com, maka .com itulah yang dinamakan TLD. Ada banyak jenis TLD lainnya seperti : (.org .net .id dsb)

TLD sendiri dibagi lagi menjadi 2 golongan :


  1. Country Code Top Level Domain. TLD ini digunakan oleh masing masing negara, Contohnya Indonesia dengan kode ID sedangkan CCTLD andalah ( .co.id | .net.id | .or.id ) Dan untuk negara Singapura menggunakan kode SG dengan CCTLD seperti ( .com.sg | .net.sg )
  2. Global Top Level Domain .

Second Level Domain 

Second Level Domain adalah sebuah nama domain yang kita gunakan dan kita daftarkan sebagai alamat pada website kita. Contohnya pakartekno.co.id, pakartekno dinamakan sebagai SLD nya sedangkan TLD nya adalah .co.id.

Third Level Domain


Third Level Domain merupakan sebuah nama yang letaknya berada sebelum nama domain atau SLD yang kita gunakan. sebagai contohnya nama domain yang kita gunakan pada SLD tadi yaitu Ahlitech.co.id, maka kita dapat menambahkan Third Domain Level nya menjadi mail.ahlitech.co.id.

Apa Itu Hosting?

Pengertian Domain Dan Hosting Menurut Para Ahli Dan Jenisnya

Hosting merupakan sebuah layanan atau rumah yang digunakan oleh doman anda sehingga anda dapat membuat website, dapat disebutkan bahwa hosting adalah sebuah server yang digunakan oleh website anda, seperti media yang berfungsi untuk menyimpan semua data pada website anda. Seperti video, gambar, dan data informasi lainnya.

Pengibaratan:
Anda adalah seorang pakar bisnis, demi kenyamanan dan perkembangan bisnis anda, anda membutuhkan sebuah kantor atau perusahaan yang berfungsi untuk menyimpan data sekaligus sebagai pusat atau tempat bagi bisnis anda. Dan pada kasus ini bisnis anda dinamakan sebagai domain sedangkan kantor atau perusahaan anda dinamakan sebagai hosting.

Jenis Jenis Hosting


Free Hosting Service
Yaitu sebuah hosting yang diberikan secara gratis tetapi semua support dan fitur yang disediakan sangatlah terbatas bahkan terkadang terdapat iklan yang mengganggu.

Shared Hosting Service
Yaitu sebuah hosting yang memiliki kemampuan lebih stabil dan pelayanan yang diberikan juga jauh lebih baik dari pada Free Hosting Service. Tetapi memiliki kelemahan yaitu pada saat pengunjung melebihi batas aset penggunaan CPU maka website kita akan down secara otomatis.

Committed Hosting Service
Jenis hosting ini  hampir tidak mempunyai kelemahan, hanya saja kita haruskan untuk mengeluarkan biaya yang relatif mahal. Di sini kita memakai full satu server untuk site kita sendiri. Semua bisa kita kontrol, termasuk pengenalan ulang server kita,hingga ke support yang diberikan juga jauh lebih maksimal.

Cloud Hosting Services
Hosting ini memiliki kelebihan yang lebih maksimal lagi daripada semua hosting yang ada diatas, jenis hosting ini masih sulit untuk ditemukan. Intinya jika satu server down, maka server yang lain akan menghendelnya atau reinforcement dari server yang down. Untuk harga saya tidak bisa menyebutkan, tetapi kebanyakan dihitung bukan per bulan, tetapi per jam.

Baiklah, sekian informasi seputar pengertian domain dan hosting menurut para ahli dan jenis nya.Jika ada kalimat atau penjelasan yang kurang jelas, silahkan tinggalkan komentar, dengan senang hati Pakar Tekno akan membalas semua komentar anda.

Mungkin bagi anda ulasan ini hanyalah biasa saja sebab anda sebelumnya sudah mengetahui mengenai domain dan hosting.

Tetapi bagi mereka yang masih pemula atau yang baru memulai membangun sebuah blog yang berkualitas, ulasan ini sangatlah berharga, Maka dari itu Pakar Tekno membagikan informasi ini untuk anda semua, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Terima Kasih.

Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan