-->
Load more

Pengertian Deface Dalam Peretasan Dan Contohnya

Shares ShareTweet
Pengertian Deface Dalam Peretasan Dan Contohnya


Pengertian Deface Dalam Peretasan Dan Contohnya – Hii sobat selamat datang pada artikel kali ini admin akan berbagi seputar pengetahuan mengenai pengertian dari Deface. Jika sebelumnya anda sudah pernah mendengar mengenai pengertian DDoS Attack pasti juga pernah mendengar seputar web deface. Tapi jika anda belum mengerti atau bahkan belum pernah mendengarnya sama sekali dan saat ini anda sedang mencari mengenai pengertian Deface tersebut, maka tersenyumlah sebab anda sedang mengunjungi artikel yang tepat dan anda akan segera memahaminya.



Pengertian Dari Deface


Jika anda mencari didalam kamus dan melakukan penerjemahan melalui Internet, maka arti kata Defice yaitu penyerangan, menerobos, merusak, menjebol dan arti lain yang sejenis. 

Namun pengertian dari Deface dalam dunia Website Security sendiri adalah sebuah kegiatan yang bersifat merubah tampilan suatu website baik halaman utama ataupun halaman lain yang masih terkait dalam satu url dengan website tersebut, kegiatan ini bisa terjadi didalam sebuah folder atau bahkan disebuah file. Web Deface juga hampir sama bahkan sangat berkaitan erat dengan Carding.


Artikel Terkait: Cara Carding Amazon Cepat Terbaru 2018


Cara Kerja Web Deface

Cara kerja Web Deface adalah dengan menyisipkan sebah script yang berfungsi untuk merecord pada server. Teknik ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan sebuah lubang pada sistem security yang ada di dalam sebuah website. Hal ini dilakukan dengan tujutn untuk melakukan perubahan tampilan pada website korban dengan tampilan yang diinginkan oleh para pelaku Deface. 

Dan untuk sebutan bagi orang yang melakukan kegiatan Deface disebut dengan Defacer. Biasanya para Defacer akan melakukan sebuah kegiatan Deface pada sebuah website dan ciri khas mereka yaitu dengan meninggalkan sebuah jejak khusus berupa moniker di dalam content ruin yang mereka miliki dengan tujuan agar dilihat atau diketahui para defacer lain dan untuk menandai bahwa pelaku pertamalah yang sudah melakukan Deface pada website tersebut.


Setelah website berhasil di rubah tampilannya biasanya para admin dari website yang sudah di Deface websitenya akan melakukan perbaikan dengan merubah tampilan menjadi seperti sebelumnya dan menghapus jejak Defacer tadi yang berupa Script Deface. 


Inilah alasan mengapa para Defacer biasanya menyimpan hasil data Deface mereka di tepat yang dinamakan Defacing Mirror, fungsinya yaitu sebagai media penyimpan hasil Deface meskipun site tersebut sudah dilakukan perbaikan data tersebut masih tetap tersimpan aman di dalam Defacing Mirror. 


Ada banyak sekali Defacing Mirror yang dapat digunakan oleh para defacer untuk menyimpan hasil Deface mereka, salah satu contohnya adalah zone-h.org dan Defacing Mirror asal Indonesia yaitu defacer.id. 


Para Defacer biasanya akan melakukan submit hasil Deface mereka dengan scratch masing-masing dan juga melakukan submit dengan menyertakan Nama sebutan mereka. Namun beberapa Defacing Mirror tidak menyertakan kolom untuk Nama Team seperti zone-h.org. 


Pengertian Deface Dalam Peretasan Dan Contohnya

Contoh Serangan Deface

1. Serangan Deface Di Website KPU

Seorang hacker bernama Dani Hermansyar yang melakukan serangan Deface kepada salah satu website resmi di Indonesia yaitu kpu.go.id

Serangan ini dilakukan dengan merubah semua nama partai menjadi nama nama buahan, tentu tindakan ini sangat merugikan, akibat yang ditimbulkan yaitu berkurangnya kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap website ini.



2. Serangan Deface Terhadap Website Kepolisian RI


Pada tahun 2011 lalu, website resmi kepolisian RI menjadi korban dari serangan Deface, dan yang aneh nya lagi kejadian ini terjadi bertepatan dengan penangkapan seorang teroris yang berasal dari jawa tengah, sehingga beberapa pihak beranggapan bahwa serangan Deface ini dilakukan oleh kelompok yang terduka sebagai teroris.

Artikel Terkait: 7 Pernyataan Hacker Yang Sangat Mengejutkan Sekaligus Menakutkan Dalam Dunia Hacking



Jenis-Jenis Web Deface


Web Deface sendiri hanya memiliki 2 jenis yaitu:


1. Tebas Index 


Tebas Index adalah kegiatan Defacing dengan merubah tampilan halaman utama sebuah website atau yang biasa kita sebut dengan list menjadi tampilan file atau halaman utama jauh lebih baik daripada ruin dengan mmenyisipkan record saja. 


2. Titip File 


Titip File adalah kegiatan Defacing dengan hanya melakukan upload sebuah document saja tanpa merubah halaman utama sebuah site. Kegiatan ini dilakukan karena takut Admin dari website korban marah dan membawa ke jalur hukum.

Alasan yang kedua adalah karena tidak bisa menemukan celah keamanan untuk mengupload sebuah Shell Backdoor dan menebas Index. Sehingga para Defacing hanya melakukan Titip File saja dengan upload sebuah dokumen. Document yang diupload pun beragam, ada yang berupa gambar (PNG, JPG, GIF) dan ada juga yang berupa record TXT, tentu sesuai keinginan dari para Defacing.  


Artikel Terkait: Perangkat Peretas Website/Situs Web



Pengertian Deface Dalam Peretasan Dan Contohnya


Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Oleh Seorang Defacer 


Selain mengenai pengertian Web Deface dan conrohnya ternyata ada juga hal hal yang harus diperhatikan oleh seorang Deface, dan tentu hal tersebut juga sangat berpengaruh terhadap kegiatan Deface, Mau tau apa saja itu? Yuk simak dibawah:


1. Adventure 


Adventure/Exploit adalah sebuah kode yang berperan sebagai penyerang keamanan komputer secara spesifik. Adventure banyak digunakan untuk penentrasi baik secara legal dan ilegal untuk mencari kelemahan (Vulnerability) pada komputer tujuan. Namun untuk saat ini seiring dengan berkembang nya zaman, maka Exploit tidak hanya digunakan pada sebuah komputer saja, melainkan dapat digunakan pada sebuah website untuk mencari kelemahannya. 

Dan saat ini juga sudah banyak website yang menyediakan Exploit secara gratis untuk dibagikan, seperti:


  • Exploit db.com 
  • Wordpressexploit.com (Khusus Exploit Wordpress CMS) 
  • Joomlaexploit.com ( khusus Exploit joomla CMS) 
  • Oday.today 

2. Dork

Dorking merupakan sebuah teknik khusus untuk melakukan sebuah pencarian pada mesin pencari yang digunakan untuk mencari sebuah hasil/result yang sifatnya lebih spesifik atau detail. Tentu Dorking ini ada kaitannya dengan Deface ? Yaitu untuk mencari sebuah celah keamanan (weakness) sebuah website. 


3. Shell Backdoor 


Shell Backdoor adalah sebuah jalur belakang atau dapat kita artikan sebagai rencana B yang digunakan untuk mengakses sebuah komputer apabila kita gagal pada rencana pertama. Begitupun dengan Shell Backdoor, kita bisa mengendalikan sebuah website hanya dengan Shell Bakdoor tersebut. 

Shell Backdoor juga dapat diartikan sebagai document yang menggunakan bahasa PHP (Hypertext Preprocessor) yang dibuat oleh Coder untuk dapat mengendalikan sebuah website secara langsung. 



4. Script Deface 


Script Deface adalah sebuah content yang biasanya dibuat dengan group HTML menggunakan bahasa HTML, CSS dan Javascript yang nantinya akan kita gunakan untuk di transfer ke dalam sebuah website korban. Isi dari Script ini biasanya berupa pesan khusus yang dibuat oleh Defacer untuk disampaikan kepada administrator sebuah website. 


5. Defacing Mirror 


Defacing Mirror adalah sebuah tempat untuk melakukan submit hasil dari kegiatan Deface, jadi meskipun website yang sudah berhasil di Deface tadi sudah perbaikan oleh administrator website tetap saja semua data Deface masih tersimpan pada Defacing Mirror ini.

Artikel Terkait: 8 Istilah Dalam Dunia Hacking Yang Wajib Anda Ketahui


Demikianlah pengetahuan seputar Pengertian Deface Dalam Peretasan Dan Contohnya yang sudah admin jelaskan diatas, jika ada pertanyaan silahkan jangan malu untuk bertanya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Terima Kasih

Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan