-->
Load more

5 Penyebab Android Lemot Dan Solusi Untuk Mengatasinya

Shares ShareTweet
5 Penyebab Android Lemot Dan Solusi Untuk Mengatasinya
www.ahlitech.com
5 Penyebab Android Lemot Dan Solusi Untuk Mengatasinya-Hi sobat jika bicara mengenai android hal yang menyebalkan dan mungkin yang paling menyebalkan adalah ketika android kesayangan kita lemot dan cepat panas, sering sekali saat smartphone kita lemot kita beranggapan bahwa smarphone kita terserang virus, ujung-ujungnya bawa keservice setelah diservice disuruh instal ulang, wah masalahnya makin rumit lagi mikirin biaya nginstal dan harus menahan bebepa hari untuk menunggu smartphone kita selesai diperbaiki, hemm makin kacaukan. Tapi jangan khawatir sebab pada artikel kali ini admin akan membagikan beberapa penyebab beserta solusi untuk mengatasi android yang super lemot.



5 Penyebab Android Lemot Dan Solusi Untuk Mengatasinya




1. Cache Yang Menumpuk.

5 Penyebab Android Lemot Dan Solusi Untuk Mengatasinya

Yang pertama adalah cache yang menumpuk, apa itu cache dan apa hubungannya dengan android. Cache adalah memori singgahan yang bertumpuk tumpuk dan sangat berpengaruh besar terhadap android anda, salah satu nya adalah membuat peroses pada android anda semakin lambat. Hal ini disebabkan karena Ram pada smarthphone anda dipenuhi oleh cache singgahan aplikasi. 

Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Caranya cukup mudah. anda tinggal masuk pada menu setting, lalu pilih aplikasi, kemudian menejer aplikasi, dan yang terahir klik hapus memori (langkah untuk menghapusnya tergantung type dari android anda).



2.Aplikasi Bawaan.

5 Penyebab Android Lemot Dan Solusi Untuk Mengatasinya

Yang kedua adalah aplikasi bawaan pada android anda. Di android ada banyak sekali aplikasi bawaan yang setiap harinya mungkin tidak pernah kita gunakan, dan tentu aplikasi tersebut memakan cukup banyak ruang penyimpanan, alhasil smartphone anda semakin lemot dan semakin panas, sehingga daya baterai pada android juga semakin berkurang.

Admin anjurkan untuk menghapus semua aplikasi bawaan pada android anda yang kemungkinan besar tidak pernah anda gunakan. Pasti anda akan berfikir apakah tidak bermasalah ? Tentu saja tidak, sebab semua aplikasi bawaan yang ada pada tampilan android anda tidak ada hubungannya sama sekali dengan sytem/pemroggraman yang ada pada android sendiri. 


Kenapa apalikasi bawaan harus dihapus ? Karena semua aplikasi bawaan yang ada pada android jelas-jelas kita tidak menggunakannya sama sekali, lalu untuk apa aplikasi tersebut ada di android anda? Menghabisi ruang penyimpanan saja, lebih baik kita ganti dengan aplikasi yang lebih berguna saja yang tentu fungsinya sering kita gunakan pada aktivitas sehari hari. Aplikasi Galaxy Gift pada samsung contohnya yang kemungkinan besar aplikasi bawaan ini tidak pernah kita gunakan pada aktivitas sehari hari kita dan masih banyak lagi.


Cara mengatasinya: Masuk pada pengaturan, kemudian pilih menjer aplikasi, selanjutnya pilih menu semua, lalu cari dan klik pada aplikasi yang ingin anda hapus.



3. Update Otomatis Google Play Store

5 Penyebab Android Lemot Dan Solusi Untuk Mengatasinya

Yang ketiga adalah hindari update otomatis pada Google Play Store, tentu dengan melakukan update otomatis terhadap aplikasi yang ada pada android anda akan berdampak sangat baik, namu perlu anda ketahui juga bahwa pada saat android anda di hidupkan maka akan tersambung otomatis dengan Internet tentu Google Play Store akan mendetiksi aplikasi yang perlu diperbaharui, maka setelah google palay mendetiksi kemudian melakukan update otomatis secara diam diam, dan pada saat melakukan update otomatis maka Ram yang digunakan akan memakan kapasitas Ram yang sangat besar, karena menyangkup pembaharuan terhadap semua perangkat lunak. 

Cara mengatasinya: Tentu dengan melakukan pengaturan terhadap Google Play Store dengan cara buka aplikasi Playstore di android anda, kemudian klik icon garis tiga di pojok kanan atas, selanjutnya klik setelan, klik update aplikasi secara otomatis, dan pilih " Jangan Update Aplikasi Secara Otomatis "


4. Memori Extenal

5 Penyebab Android Lemot Dan Solusi Untuk Mengatasinya

Yang keempat adalah memory external, tentu penyimpanan yang sangat minim juga akan berpengaruh besar terhadap kinerja android anda, sehingga diperlukan untuk menambahkan Memory External. 

Cara mengatasinya: Tentu dengan cara menambahkan Memori Eksternal pada android anda, cara yang digunakanpun sangat beragam, salah satunya dengan cara menggunakan bantuan aplikasi atau juga bisa dengan memanfaatkan fitur yang sudah ada pada android anda. 


Menggunakan bantuan aplikasi contohnya:


    • Google Photos, Anda dapat mendownload nya pada Play Store dan fungsinya untuk menyimpan semua foto anda di Gmail.
    • Mega, Fungsinya untuk menyimpan semua dokumen anda dengan aman dan untuk menginstalnya silahkan bisa melalui Play Store.

Dengan memanfaatkan fitur yang sudah ada pada android.

    • Google Drive, Untuk menyimpat data dalam bentuk foto, video, dan dokumen, hingga lagu dan tentu penggunaanya secara Gratis.
    • Adoptable Storage, Fitur ini memungkinkan anda untuk memperlakukan memori eksternal atau kartu memori anda menjadi memori internal.


5. Setingan Yang Berlebihan

5 Penyebab Android Lemot Dan Solusi Untuk Mengatasinya

Yang terahir adalah dengan mengembalikan atau merubah semua setelan yang sebelumnya sudah anda seting dengan keinginan anda dan merubahnya menjadi seperti sedia kala ( Setelah Pabrik ), namun sebelum anda melukukan langkah ini pastikan anda sudah backup semua data anda termasuk email yang tertaut pada android, sebab setelah melakukan reset pabrik anda akan diwajibkan untuk memasukkan email yang pernah tertaut pada android anda sebelumnya. Itulah alasan kenapa admin menganjurkan anda untuk backup data terlebih dahulu, sebab ( Reset Setelan Pabrik ) akan menghapus semua data anda termasuk aplikasi, file dan akun yang ada pada android anda.
 
Cara melakukannya: Silahkan masuk menu pengaturan, kemudian pilih cadangkan dan reset, selanjutnya klik pada tulisan Reset Pabrik.

Demikianlah artikel terkait mengenai Penyebab Android Lemot Dan Solusi Untuk Mengatasinya, jangan lupa untuk kunjungi Ahlitech.com sebab admin memiliki banyak informasi terupdate setiap harinya dan mungkin juga anda sangat membutuhkannya, jika cara diatas belum dapat mengatasi lemot pada android anda, jangan khawatir sebab admin masih punya cara lainnya, silahkan klik link dibawah, terima kasih.

Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan