-->
Load more

Video Tutorial Hijab Lengkap Mulai Segi Empat Dan Pashmina Simple Anggun

Shares ShareTweet

Tutorial Hijab Pashmina A la Selebgram Ashryrrabani


Saat ini model hijab sudah sangat beragam, mulai dari hijab segi empat, turbanlayering, dan masih banyak lainnya. Pemakaian model hijab pun disesuaikan dengan selera masing-masing setiap orang. Salah satu model hijab yang banyak digunakan oleh para perempuan ialah pashimina, karena modelnya persegi panjang sehingga pashmina lebih mudah untuk dikreasikan.

Kali ini Popbela akan membahas mengenai hijab pashmina dari selebgram Indonesia, Ashry Rizqky Rabani. Dirinya akan memberikantutorial pashmina untuk menutup dada. Nah, yang perlu disiapkan adalah pashmina, kamu bisa pilih hijab mulai dari yang polos hingga bermotif. Lalu, siapkan ciput atau ninja, serta beberapa peniti dan jarum pentul. Sedangkan, untuk langkah-langkah berikutnya langsung simak di bawah ini yuk, Bela.

Cara Memakainya:

1. Terlebih dahulu, pakailah ciput atau ninja, lalu kenakan hijab pashmina dengan salah satu bagian lebih panjang yakni dibagian kanan.

2. Sematkan peniti atau jarum pentul di bagian dagu.

4. Ambil bagian hijab sebelah kiri sematkan peniti dibelakang kepala, lalu diikuti dengan hijab sisi kanan yang lebih panjang dan sematkan peniti di dekat telinga sebelah kanan.
5. Rapikan kembali hijab
6. Terakhir sebagai hiasan kamu bisa mengenakan bros secara menyamping di bagian kanan.
Jika kamu masih bingung dengan langkah-langkah diatas, jangan khawatir! Kamu bisa langsung lihat video tutorial dari Ashry Rizqky berikut ini.



15 Video Tutorial Hijab Segi Empat dan Pashmina Simple


Saat ini, banyak sekali tutorial hijab segi empat simple maupun pashmina yang bisa kita cari sebagai referensi berhijab. Anda bisa menyesuaikannya dengan busana yang dipakai baik kasual bahkan batik.


Bagi Anda yang berhijab, mungkin ada saatnya timbul rasa bosan karena memakai model jilbab yang itu itu saja setiap hari. Anda pun selalu memutar otak untuk menemukan gaya yang cocok dan selalu fresh.
Ingin tips tutorial hijab pashmina atau segi empat yang sederhana dan mudah? Jangan khawatir, kami akan membagi tutorial jilbab sederhana tanpa ribet.

Simak beberapa tutorial berikut ini untuk menambahkan inspirasi jilbab yang bisa dipadupadankan dengan busana yang Anda pakai.


Tutorial Hijab Pashmina

Secara umum, model jilbab dibagi menjadi dua, yaitu pashmina dan segi empat. Keduanya mempunyai perbedaan yang cukup signifikan.
Pashmina cenderung berukuran panjang, sedangkan segi empat berbentuk persegi yang biasanya dilipat menjadi segi tiga ketika dipakai. Kali ini, kami akan membahas tutorial hijab pashmina simple terlebih dahulu.

1. Tutorial Hijab Pashmina Simple Bahan Ima



Sumber video: YouTube – Atami Puspa
Pashmina berbahan ima seperti ini memang sedang banyak digemari. Bahannya memang tak selembut jilbab berbahan sifon. Namun, jilbab model ini mudah dibentuk dan tak terlalu licin.
Bahan ima ini biasanya sibuat oleh produsen dari bahan katun Jepang. Sehingga, tidak seperti bahan lain, jilbab berbahan ima tidak cepat kusut dan mudah disetrika
Bagi Anda yang masih bingung dengan cara memakai pashmina berbahan ima, berikut adalah tutorial hijab pashmina simple dari model ima yang bisa dipakai untuk kegiatan sehari-hari:
  1. Pakai pashmina ima sama panjang antara sisi kanan dan kiri.
  2. Tarik salah satu sisi pashmina ima ke atas.
  3. Lakukan hal yang sama untuk sisi satunya lagi.
  4. Jika sudah, rapikan dan semat dengan jarum pentul.
  5. Ambil jarum pentul satu lagi, sematkan di samping untuk menahan tatanan jilbab.
Bagaimana? Tidak susah, kan? Anda dapat menerapkan tutorial hijab pashmina simple ini untuk keseharian. Mungkin waktu kuliah atau ke kantor. Bisa juga dipadupadankan dengan busana modern.

2. Tutorial Hijab Pashmina Simple Modern



Sumber video: YouTube – Richa Etika Ulhaq
Anda bisa memakai pashmina berbahan ceruti atau jenis sifon lain dalam tutorial ini. Teksturnya yang lembut akan membuat tampilan jilbab Anda pas dengan bentuk wajah.
Salah satu hijab modern dari jenis sifon ini banyak digemari karena bahan kainnya yang adem, jatuh waktu dipakai, juga teksturnya halus. Berikut adalah tutorial hijab pashmina simple dari bahan sifon:
  1. Gunakan ciput sebagai dalaman agar lebih rapi dan tidak licin.
  2. Pakai pashmina dengan posisi sisi samping lebih pendek.
  3. Tarik sisi yang pendek ke bagian dalam sebelah telinga, kemudian sematkan jarum pentul.
  4. Sematkan lagi jarum pentul di bagian luar.
  5. Sisa bagian yang pendek letakkan ke bagian belakang agar rapi.
  6. Tarik bagian sisi yang panjang ke belakang.
  7. Rapikan, lalu sematkan jarum pentul di bagian tengah atas.
Tidak terlalu ribet, kan? Anda hanya perlu waktu yang singkat untuk mencoba tutorial hijab pashmina simpe ini. Cocok bagi Anda yang sibuk dan tak punya banyak waktu untuk memakai jilbab.

3. Tutorial Hijab Pashmina untuk Wajah Bulat



Sumber video: YouTube – Farouq Mubarak
Bagi Anda yang memiliki wajah bulat, pasti sering putar otak untuk memakai jilbab agar tak terlihat tembem. Sebenarnya, ada siasat mudah untuk mengatasi masalah ini.
Video di atas memberi solusi yang sedang Anda keluhkan. Berikut adalah tutorial hijab simple seperti yang ada dalam video di atas:
  1. Pakai pashmina seperti biasa, samakan sisi kanan dan kirinya.
  2. Posisikan jilbab bagian kanan dan kiri agak ke depan sedikit untuk menutupi pipi yang tembem.
  3. Tarik satu sisi jilbab ke atas.
  4. Lakukan hal yang sama untuk sisi yang satunya.
  5. Setelah kedua sisi sudah rapi, sematkan jarum pentul.
Sebenarnya, tutorial ini tak terlalu jauh berbeda dengan tutorial hijab pashmina simple berbahan ima sebelumnya. Namun, di sini Anda bisa menutupi pipi tembem Anda agar terlihat lebih tirus.
Fungsinya hampir sama dengan shading pada make up. Hanya saja, ini lebih alami dan mudah tanpa menggunakan make up. Anda tak perlu repot memakai shading untuk menutupi pipi tembem.

4. Tutorial Hijab Pashmina Simple untuk Pesta

Tutorial berikutnya adalah untuk pergi ke pesta. Biasanya kita sering bingung memakai jilbab model apa untuk acara pesta. Sedangkan, jilbab yang kita punya biasa dipakai untuk sehari-hari.
Jangan khawatir, Anda tetap bisa memakai jilbab sehari-hari tersebut dan modifikasi sekreatif mungkin agar tampak lebih elegan. Simak tutorial hijab pashmina untuk pergi ke pesta lewat video ini.


Sumber video: YouTube – Hijab Tutorial
Untuk menambah kesan glamor, bisa ditambahkan beberapa aksesoris untuk diaplikasikan pada jilbab. Tapi, jangan terlalu berlebihan, ya. Pastikan semuanya seimbang agar tampilan Anda enak dilihat.
Tutorial model jilbab ini bisa diterapkan dengan kebaya. Mungkin ketika Anda sedang menghadiri acara pernikahan ataupun pada saat acara wisuda.
Selamat mencoba! Semoga video tutorial hijab pashmina simple ini bisa menambah ide dan memberi inspirasi yang bermanfaat bagi Anda.

5. Tutorial Hijab Pasmina Simple Menutup Dada

Tampil dengan jilbab syar’i tak mengurangi tampilan modis Anda. Ada beberapa orang yang bilang memakai jilbab lebar adalah hal kuno. Padahal, Anda tetap bisa tampil cantik dengan jilbab syar’i.
Selain itu, jilbab juga menjaga kehormatan dan harga diri seorang wanita. Dalam hal ini, jelas ajaran Islam sangat memuliakan kedudukan wanita. Pernyataan kuno hanya opini saja bagi sebagian orang.
Nyatanya, sekarang banyak yang memakai jilbab syar’i tapi masih terlihat fashionable. Di jaman modern seperti sekarang, sudah banyak desainer atau produsen jilbab yang berinovasi dengan gaya hijab modern.
Simak video tutorial hijab pashmina simple namun syar’i berikut sebagai panduan atau referensi Anda!


Sumber video: YouTube – Galuh Afih

6. Tutorial Hijab Pashmina Bahan Velvet

Pashmina berbahan velvet sering digunakan dalam acara formal atau pesta. Untuk sehari-hari, rasanya banyak yang lebih memilih pashmina berbahan lain. Karena banyak jilbab ini cenderung susah dibentuk.
Tapi, lewat video berikut, kami akan memberi tahu Anda bahwa tak selamanya jilbab berbahan velvet digunakan untuk acara formal. Ada cara lain  yang mudah agar bisa dipakai sehari-hari.


Sumber video: YouTube – karina anindita
Untuk tampilan kasual, cukup padu padankan dengan busana santai yang biasa Anda pakai sehari-hari. Tentunya perpaduan antara pakaian kasual dan jilbab velvet tak pernah salah jika Anda pintar memadupadankannya.

7. Tutorial Hijab Pashmina Simple untuk Wanita Berkacamata

Ada cara sendiri dalam memakai jilbab untuk wanita  berkacamata. Biasanya, jika kita memakai jilbab, kadang tidak nyaman untuk memakai kacamata.
Alasannya, karena jilbab jadi sempit dan malah terkesan tidak rapi. Namun, lewat video di bawah ini Anda bisa mendapat referensi tentang tutorial hijab pashmina simple untuk wanita berkacamata.


Sumber video: youtube.com/NatashaFarani
Dalam video ini, jilbab yang digunakan adalah pashmina rawis. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Lipat sedikit jilbab bagian depan.
  2. Pakai jilbab dengan sisi samping lebih pendek dari sisi satunya.
  3. Sematkan jarum pentul di bawah dagu.
  4. Bagian dalam dari jilbab di tarik ke atas, agar rawisnya terlihat.
  5. Lipat sedikit bagian luarnya, rapikan dengan jarum pentul.
  6. Beri pin pita untuk pemanis di bagian samping.
  7. Masukkan bagian bawah jilbab yang tidak rapi ke dalam.
Kini, Anda tak perlu bingung lagi untuk memakai jilbab jika Anda berkacamata. Letakkan kacamata di bagian luar jilbab untuk menyiasati agar wajah tak terlihat lebar.

Tutorial Hijab Segi Empat

Tutorial selanjutnya adalah tutorial hijab segi empat simple dan modern. Meskipun berbentuk persegi dan berukuran lebih kecil, jilbab ini bisa dimodifikasi dengan banyak gaya.
Simak tutorial hijab segi empat simple namun bergaya berikut sebagai inspirasi. Anda juga dapat mempraktekannya, agar tampilan hijab modern Anda bervariasi setiap harinya.

1. Tutorial Hijab Segi Empat Simple untuk Liburan

Ingin tetap gaya waktu liburan tapi tidak mau ribet? Tenang, lewat video kali ini, kami akan mengajak Anda untuk mendapatkan inspirasi dari tutorial hijab segi empat simple dan hemat waktu.


Sumber video: YouTube – Ayu Indriati
Tentunya Anda ingin tetap terlihat modis pada saat liburan. Tapi, biasanya jika kita pergi berlibur, kadang malah tak sempat memikirkan penampilan karena sudah repot mengurus segala persiapan.
Jika Anda adalah tipe orang yang tak suka menghabiskan banyak waktu untuk urusan penampilan, tutorial hijab segi empat simple ini bisa dipraktekan. Sederhana dan tak terlalu menggunakan banyak jarum.
Anda hanya perlu menambahkan aksesoris seperti anting khusus untuk hijab modern dan gunakanlah lipstik berwarna ringan. Untuk menambah tampilan Anda agar tetap chic dan modis.
Carilah hijab modern yang nyaman dan tidak membuat gerah. Karena, ketika berlibur pasti akan merasa terganggu jika Anda kegerahan hanya karena salah memilih jilbab.
Liburan Anda pun akan tambah berkesan dengan penampilan yang modis dan tak ribet. Jangan lupa juga mengambil foto untuk mengabadikan momen dan gaya Anda saat liburan.

2. Tutorial Hijab Segi Empat untuk Pesta



Sumber video: YouTube – NatashaFarani
Video di atas memberi inspirasi kepada kita tentang tutorial hijab segi empat sederhana yang bisa digunakan untuk acara formal atau pesta. Jangan lupa untuk memakai make upagar wajah Anda cerah.
Agar tidak terlalu polos, Anda bisa menambahkan headpiece dengan sentuhan glitter. Tak perlu pergi ke salon atau merogoh kocek untuk menyewa stylist jika Anda ingin pergi ke acara formal.
Tutorial hijab segi empat pesta ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Langkah-langkah yang diajarkan di video tersebut juga tak terlalu susah dan bisa Anda lakukan sendiri tanpa bantuan orang lain.
Jilbab biasa pun bisa dipakai untuk model glamor seperti ini. Anda hanya perlu memadupadankannya dengan busana pesta. Misalnya batik atau kebaya untuk ke kondangan atau wisuda.

3. Tutorial Hijab Segi Empat Satin

Saat ini, scarf bermotif floral print sangat banyak dijual di pasaran. Tapi, karena motifnya yang memang ramai, kita sering bingung bagaimana mengaplikasikannya.
Menentukan gaya memakainya pun cenderung lebih susah dari pada scarf polos. Namun, ada cara mudah yang diajarkan melalui video tutorial hijab segi empat simple di bawah ini.


Sumber video: YouTube – Nina Septiani
  1. Lipat hijab menjadi bentuk segi tiga.
  2. Pakai sama panjang antara sisi satu dan yang lainnya.
  3. Buat lipatan di atas bagian depan scarf.
  4. Rapikan, lalu sematkan jarum di bawah dagu.
  5. Letakkan dua sisi scarf yang sama panjang tadi ke belakang.
  6. Tarik ke bagian dalam belakang scarf lalu buat simpul dan rapikan.
Mudah bukan? Selain itu, memakai gaya scarfini juga ternyata sederhana sekali. Karena motif floral print terkesan ramai, Anda bisa memadupadankannya dengan pakaian polos atau yang tak banyak motif.

4. Tutorial Hijab Paris untuk ke Kantor



Sumber video: YouTube – Nina Septiani
Bosan pergi ke kantor dengan model jilbab yang itu itu saja? Coba keluarkan jilbab paris lama Anda yang sudah jarang dipakai lagi. Anda bisa memakainya untuk pergi ke kantor.
Tak perlu khawatir, kini jilbab paris bisa dibuat dengan banyak gaya yang tetap enak dilihat. Contohnya pada video di atas. Selain untuk ke kantor, model jilbab ini juga bisa Anda pakai untuk keseharian.
Pemakaiannya yang simple tak membutuhkan waktu lama untuk mempraktekannya. Dari banyaknya kreasi hijab modern paris, mungkin tutorial hijab paris ini bisa menjadi referensi.

5. Tutorial Hijab Paris untuk Kebaya



Sumber video: YouTube – Mutia Yulita
Model hijab modern ini cocok digunakan untuk wisuda atau acara pernikahan. Untuk tutorial hijab pesta kali ini, Anda membutuhkan jilbab paris dan tambahan kain tile sebagai kombinasi.
Untuk menambah volume di kepala, cukup tambahkan kain sebagai dalaman jilbab. Agar terlihat tak terlalu polos, Anda dapat menambahkan aksesoris berupa headpiece untuk kesan hijab modern.
Tidak terlalu sulit, bukan? Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Jika sudah mahir, bisa dijadikan bisnis styling hijab modern yang saat ini sedang banyak dibutuhkan untuk acara-acara tertentu.

6. Tutorial Hijab Simple untuk Hang Out

Memperhatikan penampilan waktu pergi bersama teman bisa menjadi hal yang penting. Lewat video kali ini, Anda akan mendapat referensi tutorial hijab segi empat simple untuk hang out.


Sumber video: YouTube – Meirani Amalia P
Pilihlah jilbab segi empat bermotif agar penampilan Anda terlihat lebih atraktif. Berikut adalah tutorial hijab segi empat simple tersebut:
  1. Lipat menjadi bentuk segi tiga.
  2. Sematkan jarum pentul di bagian tengah bawah dagu.
  3. Tarik ujung jilbab sebelah kanan ke belakang.
  4. Ikatkan dengan ujung jilbab sebelahnya lagi membentuk simpul persegi.
Kini, tampilan Anda pun akan terlihat berbeda hanya dengan menjoba tutorial hijab segi empat simple ini. Jika biasanya pergi dengan jilbab biasa saja, mulai sekarang jadikan tutorial ini sebagai referensi.
Penggunaan model ini bisa Anda terapkan ketika berkumpul dengan teman atau saudara. Cocok sekali untuk jalan-jalan atau nonton film di bioskop.

7. Tutorial Hijab Paris Simple

Jilbab paris merupakan item yang wajib Anda miliki. Meskipun bentuknya biasa, namun jilbab jenis ini bisa dimodifikasi sedemikian rupa menjadi beberapa model yang menarik.
Contohnya pada tutorial hijab segi empat simple untuk sehari-hari dari jilbab paris berikut ini. Anda bisa menggunakannya untuk keseharian atau kuliah maupun ke kantor.


Sumber video: YouTube – Emma Queen
Tak butuh waktu sampai satu menit, Anda sudah bisa bergaya dengan jilbab paris ini. Berikut adalah langkah-langkah dari tutorial hijab paris yang ada di video di atas:
  1. Gunakan ciput ninja sebagai dalaman dengan warna yang senada degngan jilbab yang akan dipakai.
  2. Lipat jilbab paris menjadi segitiga.
  3. Pakai jilbab seperti biasa Anda pakai dengan sisi sama panjang.
  4. Tarik bagian kiri jilbab lalu sematkan jarum pentul di dekat telinga sebelah kanan.
  5. Sisi yang satunya lagi ditarik ke atas sedikit kemudian sematkan peniti untuk merapikan dan membuat aksen drapery.
Untuk tutorial hijab segi empat simple ini, Anda tak memerlukan aksesoris lagi, karena sudah terlihat manis dan cantik. Namun jika ingin menambah kesan glamor, anda bisa menambahkan aksesoris bernuansa glitter.

8. Tutorial Hijab Segi Empat Simple Bergaya Turban

Turban merupakan simbol agama Islam yang berasal dari bangsa Arab. Namun, turban menjadi tren fashion mulai tahun 2013. Saat ini, turban banyak dimodifikasi sebagai gaya berhijab.
Pada era 1960-an dan 1970-an, pemakaian turban mulai diadaptasi di negara Barat. Mereka menambahkan beberapa aksesoris untuk menghilangkan aksen religi.


Tutorial Hijab Segi Empat - Turban Fashion
Turban sebagai akesoris fashion
Beberapa artis wanita hollywood pun tak luput untuk ikut memakai turban. Saat ini, turban bukan hanya identik dengan kaum muslim, tetapi sudah merambah ke berbagai kalangan.
Nah, bagi Anda yang kebetulan berhijab, tak ada salahnya untuk ikut mengadaptasi penutup kepala berbentuk turban ini. Berikut adalah video tutorial hijab modern segi empat simple bergaya turban.


Sumber video: YouTube – AWM Collection
Jangan lupa juga untuk memakai dalaman yang menutup seluruh bagian leher. Agar Anda tetap bisa tampil tertutup walaupun memakai turban. Walaupun tampil modis, tapi tetap tak ada kesan terlalu terbuka.

Bukan Sekedar Gaya, Melainkan Kewajiban Wanita Muslim

Ada banyak tutorial hijab modern pashmina maupun segi empat yang dapat kita temukan di internet. Kita bisa menjadikannya referensi gaya berhijab untuk menyiasati rasa bosan memakai model yang sama setiap hari.
Tak hanya sekedar gaya, rambut wanita adalah salah satu aurat yang wajib ditutup. Bukan hanya penutup kepala yang melindungi dari debu atau sinar matahari yang terik, berhijab merupakan kewajiban.
Bagi wanita muslim, hendaklah segera menutup aurat tersebut dengan berhijab ketika sudah memasuki usia baligh. Jilbab memberi perlindungan bagi wanita dan menjaga kehormatannya.
Tak usah takut terlihat jelek atau susah mendapat pekerjaan jika berhijab. Rejeki sudah ada yang mengatur, jadi kita tak perlu khawatir tentang apa yang akan terjadi setelah memutuskan berhijab.
Jilbab bukanlah penghalang bagi kaum wanita. Selain sebagai identitas, juga merupakan ibadah wajib bagi muslimah sama seperti ibadah lainnya seperti sholat atau puasa.
Jadi, menaati perintah ini sama sekali tak ada ruginya bagi kita sebagai muslimah. Diharapkan, dengan menaatinya kita menjadi lebih patuh kepada perinta agama yang diwajibkan dan disunahkan untuk kita.

Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan