-->
Load more

Cara Tambahkan Subtitle Video di Youtube

Shares ShareTweet
Youtube merupakan media berbagi konten video yang kini banyak menjadi profesi impian kids jaman now. Kamu punya channel Youtube juga? Dan ingin menjadi Youtuber terkenal di dunia? Bisa banget, tak perlu membuat konten berbahasa Inggris cukup tambahkan terjemahan saja.
Agar konten kamu bisa dipahami oleh penonton dari luar negeri kamu bisa menambahkan subtitle di video kamu. Sudah tahu belum bagaimana caranya? Kalau belum berikut tips bagaimana cara menambah subtitle video di Youtube.


Begini Cara Menambahkan Subtitle Video di Youtube
Selain menambahkan subtitle dalam bahasa asing, dengan menambahkan subtitle bahasa Indonesia kamu juga bisa mengatasi jika percakapan di dalam video tidak terdengar secara jelas. Bukan cuma di video sendiri, kamu juga bisa lhomenambahkan subtitle di video orang lain.

1. Cara Menambahkan Subtitle di Video Youtube Milik Sendiri

Agar bisa menambahkan subtitle di video Youtube maka kamu harus mengakses situs Youtube dari PC kamu guys. Pastikan kamu sudah login ke akun yang kamu gunakan untuk channel Youtube kamu. Setelah itu ikuti langkah menambah subtitle video Youtube berikut ini :
TIPS! : Tap pada gambar untuk memperbesar ukuran dan melihat lebih detail.
  • Langkah pertama untuk menambah subtitle di video Youtube adalah kamu harus masuk ke menu Creator Studio. Caranya tap ikon Profile yang ada di sudut kanan atas. Setelah itu pilih Creator Studio.
  • Setelah itu kamu akan masuk ke Dashboard dari channel Youtube kamu. Lalu tap pada opsi Video Manager agar kamu bisa melihat semua video di channel Youtube kamu.
  • Dari semua video yang ada pilih video mana yang ingin kamu tambahkan subtitle di dalamnya. Caranya tap ikon Edit dengan tanda panah kebawah. Setealah itu pilih Subtitle/CC untuk bisa menambahkan subtitle video Youtube.
  • Tahap selanjutnya adalah tap pada tombol Add new subtitle or CC. Pilih bahasa apa yang akan kamu tambahkan sebagai subtitle di video Youtube kamu.
  • Setelah itu kamu bisa memilih dengan mengupload file subtitle atau membuat subtitle baru. Untuk bisa menambah subtitle secara manual tap Create a New Subtitle or CC.
  • Selanjutnya kamu akan masuk ke menu editing subtitle video Youtube. Play video kamu lalu pause pada bagian mana kamu ingin menambah subtitle. Lalu masukan teks subtitle di kolom yang ada di sebelah kiri. Kamu juga bisa menyesuaikannya lewat kolom yang ada di bagian bawah video.
  • Lanjutkan hingga seluruh bagian video sudah diberi subtitle. Jika sudah selesai memberi subtitle langsung saja simpan dengan tap tombol Publish. Maka subtitle kamu akan otomatis tersimpan.
  • Subtitle ini akan muncul ketika penonton mengaktifkan menu CC atau Subtitle. Seperti inilah hasilnya guys.

2. Cara Menambahkan Subtitle di Video Youtube Orang Lain

Selain bisa menambah subtitle di video sendiri kamu juga bisa menambah subtitle di video Youtube orang lain. Akan tetapi tidak semua video bisa kamu beri subtitle, hanya beberapa video yang masuk ke dalam kontribusi komunitas saja. Untuk tahu caranya, simak tips cara memberi subtitle di video milik orang lain di bawah ini guys :
  • Pertama masuk ke menu dashboard channel Youtube kamu seperti langkah pertama. Selanjutnya pilih menu Your Contribution yang ada di bagian kiri bawah untuk bisa menambahkan subtitle di video Youtube orang lain.
  • Setelah itu pilih tab Contribute, maka kamu akan menemukan video-video yang bisa kamu tambah subtitle. Untuk memberi subtitle pada video, tap tombol Contribute yang ada di sebelah kanan video.
  • Cara menambahkan subtitle di videonya juga sama dengan cara menambah subtitle di poin pertama. Karena ini video milik orang lain, jangan asal ya guys. Beri subtitle sesuai dengan konten yang ada di video.
  • Jika sudah selesai memberikan subtitle simpan dengan cara tap tombol Submit Contribution. Maka subtitle kamu akan langsung tersimpan di video tersebut. Orang lain masih bisa mengkoreksi subtitle yang kamu berikan. Begitu pula sebaliknya, kamu bisa merevisi jika ada subtitle orang lain yang kurang tepat.

Akhir Kata

Nah itu dia guys cara menambahkan subtitle video di Youtube dari Saya. Ingat ya guys jangan salah gunakan fitur menambahkan subtitle pada video Youtube orang lain. Karena subtitle ini juga akan bermanfaat untuk teman-teman kita yang tidak bisa mendengar atau tuli.

Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan