-->
Load more

Cara Melanjutkan Download File Kadaluarsa di IDM Dengan Mudah

Shares ShareTweet
Cara Melanjutkan Download File yang Kadaluarsa di IDM

Di internet, selain ada fasilitas upload juga ada download. Apa itu download ? Download atau unduh atau mengunduh adalah suatu kegiatan mengambil file yang telah diupload dari interenet. Nah, untuk mendownload itu juga perlu aplikasi bagi pengguna android, dan software bagi pengguna komputer.

Nah, ada sebuah software untuk mengambil file dari internet atau mendownload file, yaitu IDM.

IDM atau Internet Download Manager berguna untuk mengambil file atau mendownload file dari internet dengan kecepatan yang maksimal. Namun tetap tergantung koneksi internet yang kamu gunakan.

Jika biasanya kamu download file dari internet tanpa IDM, mungkin kamu akan mendapati kecepatan downloadmu cukup lamban. Nah, dengan menggunakan IDM, kamu bisa mendownload file dari internet hingga mencapai kecepatan yang cukup maksimal.

Selain itu, kamu juga bisa mendownload file berupa aplikasi, game, gambar, musik, video hingga dokumen melalui IDM.


Mengapa mendownload di IDM lebih cepat ?

Jawabannya adalah karena ketika kamu mendownload di IDM, file downloadtannya akan dipecah - pecah. Ini seperti ketika kamu menjadi ketua kelompok dan membagikan tugas pada setiap anggotamu dan kemudian menjadikan satu. Nah, IDM juga begitu. Setelah setiap potongan file yang dipecah, maka akan digabungkan kembali menjadi sebuah file yang bisa kamu gunakan.

Dengan begitu, kamu akan lebih cepat untuk mendownload filenya. Berbeda jika kamu mendownload file berurutan mulai dari 0 KB hingga selesai. Ini juga sama seperti ketika kamu menjadi seorang ketua kelompok yang terdiri dari 5 orang, dan kamu mengerjakan tugas kelompokmu sendirian. Susah kan?

Lain lagi jika kamu akan mendownload file yang ukurannya hanya beberapa MB. Mungkin kamu tidak perlu menggunakan IDM.

Oke, sekarang kelemahannya.

Kelemahan IDM adalah ketika kamu menunda atau mem-pause sebuah file yang belum selesai di download, beberapa jam kemudian atau bahkan keesokan harinya kamu tidak bisa melanjutkan untuk mendownload file karena filenya kadaluarsa dan ini terjadi karena server membatasi waktu ketika mengunduh.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukan hal ini :
  1. Buka IDM
  2. Klik kanan pada file yang akan dilanjutkan untuk diunduh
  3. Klik resume download
  4. Jika muncul peringata, klik ok
  5. Kemudian kamu akan disuruh mendownload file yang baru 
  6. Klik pause
  7. Buka IDM kembali dan klik kanan pada file barunya
  8. Pilih properties dan copy urlnya
  9. Buka downloadtan yang kadaluarsa dan paste urlnya
  10. Klik OK
  11. Jika sudah,maka silahkan kamu lanjutkan untuk mengunduh file yang kadaluarsa dengan mengklik resume 
  12. Selesai
Mudah bukan ?


(WORK 100%) CARA MELANJUTKAN “DOWNLOAD” DI IDM YANG TIDAK BISA DILANJUTKAN


Selain membahas Cara melanjutkan download di IDM Yang tidak bisa dilanjutkan, saya juga akan membahas bagaimana cara download di IDM Yang tertunda, pause, timeout, expired, tidak bisa resume , serta resume capability NO , jadi kalian tidak perlu lagi pusing pusing mengatasi masalah tersebut.

BERIKUT INI ADALAH CARA MELANJUTKAN DOWNLOAD YANG TERPUTUS DENGAN IDM :
1, kalian harus memastikan bahwa file Yang kalian download tadi kondisi resume capability nya harus YES , seperti terlihat Pada gambar di bawah ini.
PicsArt_03-17-02.25.49
2, buka IDM kalian lalu Cari file Yang tadi sudah tidak bisa di resume lagi.
3, klik kanan Pada file Yang tidak bisa di download lalu pilih resume , lalu klik OK.
4, nah tunggu beberapa detik hingga muncul link download baru , make Akan muncul kotak download IDM , lalu copy URL Yang terdapat Pada kotak download tersebut seperti gambar di bawah ini.
5, nah jika sudah di copy , buka IDM lalu Cari file IDM Yang ingin di resume tadi, klik kanan pilih properties seperti gambar di bawah ini.
6, jika sudah di klik properties maka Akan tampak seperti gambar di bawah ini, lalu kalian copykan yang tadi kita copy di kotak download IDM , silahkan anda copas kesini seperti gambar di bawah ini, jika sudah klik OK
7, nah sekarang kalian resume kembali file tersebut  make Akan berhasil seperti gambar di bawah ini.

Download adalah kegiatan yang pastinya semua orang pernah melakukannya. Download merupakan suatu kegiatan untuk mengunduh dari internet atau dunia maya, jika kita mengunduh di suatu situs entah itu music, gambar, video, file, aplikasi, atau program itu dinamakan kegiatan mendownload.


Cara Melanjutkan Download dengan IDM yang tidak Bisa di Resume
Banyak orang yang menggunakan idm untuk mendownload karena jika mendownload dengan idm memang lebih cepat dibanding dengan browser. Hal ini dikarenakan download dengan idm itu dipecah menjadi 32 bagian sehingga download lebih cepat, di idm transfer rate pun juga bisa diatur, bisa menggunakan speed limiter, juga bisa di pause untuk dilanjutkan keesokan harinya.
Dilihat dari beberapa keunggulan idm diatas tetaplah ada kekurangannya, kadang jika di pause untuk dilanjutkan ke esokan harinya atau bahkan beberapa jam kemudian idm tidak bisa di lanjutkan biasanya karena file kadaluwarsa, hal ini terjadi karena server membatasi waktu pada saat mendownload. Misalnya ketika sebuah website menggunakan aturan dimana download akan berakhir dalam 24 jam, tak sedikit website yang menggunakan hal tersebut.
Dikarenakan untuk mengantisipasi bandwith pada suatu website yang over sehingga server dapat down. Maka metode tersebut sangat tepat, namun bisa merugikan penggunjung website yang hendak mendownload hal ini sangat menyebalkan jika kita sudah download hingga separuhnya tapi tiba-tiba tidak bisa dilanjutkan lagi, kuota yang sudah terpakai sangat mubah dan juga ini merupakan kegiatan pemborosan.

Cara Melanjutkan Download di IDM yang Tidak Bisa diResume / Lanjutkan

Namun hal itu bisa diatasi dan ada cara mudah untuk mengatasinya, berikut saya akan menjelaskan cara melanjutkan idm download yang tidak bisa di lanjutkan. Silahkan ikuti dan simak langkahnya berikut ini ya.
#1. Buka idm, Lalu Klik Kanan pada file yang hendak di resume. Lalu klik “Resume Download / Melanjutkan Unduhan” lalu Akan Muncul peringatan seperti dibawah, dan Sobat Klik OK.
#2. Cara mengatasinya, download ulang ke situs yang sama, ini difungsikan hanya untuk mendapatkan link yang baru.
#3. Jika sudah download yang baru silahkan di “pause”.
#4. Jika sudah di pause, buka idm kembali kemudian pilih dan klik kanan download yang barunya, lalu pilih properties dan copy url pada kotak yang sudah saya tandai.
#5. Setelah url di copy buka download yang lama / yang kadaluwarsa kemudian paste pada kotak yang sudah saya tandai kemudian klik ok.
#6. Setelah itu silahkan di resume kembali download yang lama jika berhasil maka akan melanjutkan download yang sebelumya seperti gambar berikut.
Mudah bukan cara mengatasi idm yang tidak bisa di lanjutkan / resume ? Jika anda mengikuti dengan benar langkah diatas anda akan bisa bebas mendownload file walaupun sudah kadaluwarsa dan anda tidak perlu khawatir jika mendownload sudah lama dan takut tidak bisa di resume karena dengan cara ini anda bisa melanjutkan download anda kapanpun.
Jika sobat ada pertanyaan atau rekomendasi, silahkan kirimkan pendapat dan pertanyaan sobat yang ingin di sampaikan. Kunjungi terus artikel menarik dari MasTekno untuk menambah wawasan kamu tentang teknologi.

Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan