-->
Load more

Bahaya Buka Tik Tok Menggunakan VPN Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Shares ShareTweet

Ok guys, siapa sih yang gak tau applikasi yang lagi trending satu ini? Inilah Aplikasi Tik Tok bisa dibilang jadi aplikasi paling menghebohkan dalam beberapa bulan terakhir ini. Apalagi yang akhir-akhir ini ada cewek yang menyanyikan lagu "Lagi Syantik" yang sampai bibirnya menyor bikin ngakak. Ok kembali ke topik, setelah mengundang banyak pro-kontra, aplikasi Tik Tok mengalami pemblokiran dalam beberapa hari terakhir kamu pernah tau kan? Udah banyak beredar berita-berita tentang pemblokirannya karena banyak konflik antar golongan.
Meski memang bisa diakali dengan VPN, tapi tahukah kamu kalau ternyata ada lima bahaya membuka Tik Tok menggunakan VPN? Langsung simak saja ulasannya berikut guys

5 Bahaya Buka Tik Tok Menggunakan VPN

Buat yang belum tahu, Virtual Private Network alias VPN adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kita untuk terhubung ke jaringan publik dan menggunakannya untuk bergabung ke jaringan lokal. Dengan kata lain, kita bisa membuka berbagai aplikasi atau situs yang diblokir di negara kita dengan menggunakan VPN, termasuk aplikasi Tik Tok.

Meskipun dianggap banyak berisi konten negatif alias gak mendidik, Tik Tok nyatanya banyak berisikan konten video kocak, kreatif dan menghibur. Kali ini Saya akan sedikit mengulas mengenai bahayanya menggunakan layanan VPN gratis, terutama kamu yang saat ini keranjingan menggunakannya untuk mengakses aplikasi Tik Tok. Apa saja bahayanya?


1. Rawan Hacker

Jangan berharap kamu akan aman 100% kala menggunakan layanan dengan embel-embel gratis. Apalagi jika layanan tersebut berfungsi untuk "menerobos" sesuatu yang seharusnya dilarang. Salah satunya layanan VPN. Meski menggunakannya hanya sebatas untuk mengakses Tik Tok, perangkat kamu berisiko tinggi mengalami serangan hacker.
bahaya-tik-tok-vpn-1
Dalam dunia VPN, ada satu istilah yang cukup populer yaitu serangan Man in The Middle. Serangan yang diinisiasi oleh hacker ini memungkinkan mereka untuk menyusup ke tengah-tengah jaringan yang kamu gunakan untuk membaca, membajak dan mencuri data kamu. Bahkan gak menutup kemungkinkan si hacker juga sekalian menyisipkan malware ke perangkat kamu.

2. Penyalahgunaan Data

Bahaya selanjutnya tentu kemungkinan penyalahgunaan data yang terjadi akibat menggunakan VPN. Meski hanya menggunakan VPN untuk mengakses Tik Tok, data-data penting kamu nyatanya bisa diakses dan disalahgunakan oknum gak bertanggung jawab lho.
bahaya-tik-tok-vpn-2
Berbeda dengan VPN berbayar yang sudah dilengkapi dengan syarat serta fitur keamanan yang terbilang ketat, VPN gratisan nyatanya sangat rawan karena gak menjamin keamanan data penggunanya. Jadi jangan kaget jika nantinya data penting kamu semisal alamat email dan data lainnya yang kamu kirimkan ke pihak ketiga, malah diperjual belikan secara ilegal.

3. Iklan Selundupan (Adware)

Mengingat layanan VPN yang kamu gunakan bersifat gratis alias cuma-cuma, maka si pembuat layanan akan mencari pemasukan dari berbagai iklan. Kamu patut waspada karena iklan-iklan yang muncul di layanan VPN gratis tersebut malah berpotensi menyerang kamu lho.
bahaya-tik-tok-vpn-3
Bukan hanya sekedar mengganggu kenyamanan saat menggunakannya, iklan yang muncul nyatanya bisa saja disusupi virus atau malware. Iklan dengan malware yang populer dengan sebutan adware ini bisa dengan mudah alias secara otomatis terinstall di perangkat milikmu jika kamu gak hati-hati atau secara sembarangan membukanya.

4. Penggunaan IP Secara Diam-diam

bahaya-tik-tok-vpn-4
Bahaya lainnya dari menggunakan layanan VPN secara gratis adalah kemungkinan digunakannya IP address kamu secara diam-diam. Selain dibocorkan ke publik, alamat IP kamu bisa saja digunakan sebagai network end-point alias sarana untuk meningkatkan kecepatan internet pengguna lain yang dianggap lebih menguntungkan ketimbang kamu.

5. Bahaya Lain Aplikasi Tik Tok

bahaya-tik-tok-vpn-5
Selain bahaya pencurian dan kasus kejahatan siber lainnya, bahaya lain yang muncul adalah kembalinya berbagai risiko yang ditakutkan terjadi karena aplikasi Tik Tok. Ya, penyebab aplikasi ini diblokir pemerintah seperti kekhawatiran merusak generasi muda, potensi cyber bullying hingga bahaya eksploitasi anak jadi beberapa hal yang kembali muncul jika semua orang kembali mengakses Tik Tok menggunakan VPN.

Akhir Kata

Itulah lima bahaya menggunakan layanan VPN gratis untuk mengakses berbagai aplikasi atau situs terblokir dan lainnya guys, termasuk Tik Tok sendiri. Setelah mengetahui bahayanya, apakah kamu ingin memainkannya pakai VPN lagi guys? kini bisa lebih hati-hati dan memilih layanan VPN yang aman yak. Jika sudah tau, baru deh kamu boleh main Tik Tok lagi sepuasnya.

Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan