-->
Load more

5 Keunggulan Whatsapp Web Yang Harus Diketahui

Shares ShareTweet
lebih dari 1 milyar orang. Layanan Whatsapp ini bisa dinikmati melalui berbagai platform. Mulai dari smartphone android, iOS, Blackberry, bahkan PC.
Whatsapp hadir di PC dengan nama layanan Whatsapp Web. Ini tentunya memudahkan kamu yang kerap bekerja menggunakan komputer, agar tidak terlewat jika ada chat Whatsapp penting. Whatsapp Web ini juga punya kelebihan, berikut 5 trik Whatsapp Web yang wajib kamu tahu.

Berikut 5 Trik Canggih Whatsapp Web yang WAJIB Kamu Tahu

Trik Whatsapp Web ini sangat bermanfaat saat kita menggunakannya. Tak perlu lagi menavigasi dengan cara pindah-pindah antara keyboard dan mouse karena ada shortcut-nya. Mau dual akun? Bisa! TAPI Saya harus ingatkan dulu, trik ini hanya bisa kamu gunakan kalau kamu sudah instal aplikasi Whatsapp di komputer kamu. Jadi kalau kamu akses melalui browser, beberapa trik ini tidak bisa dilakukan.

1. Keyboard Shortcut

Pengguna PC pasti sudah tidak asing kan dengan istilah keyboard shortcut. Trik-trik ini digunakan untuk mempermudah dan mempercepat kita untuk mengakses sesuatu. Nah trik Whatsapp Web yang pertama ini berkaitan dengan keyboard shortcut. Berikut beberapa shortcut yang bisa kamu gunakan saat mengunakan Whatsapp Web :
ShortcutFungsi
Ctrl + NMemulai percakapan baru
Ctrl + Shift + ]Melompat ke ruang chat selanjutnya
Ctrl + Shift + [Melompat ke ruang chat sebelumnya
Ctrl + EMemasukkan chat ke dalam arsip
Ctrl + Shift + MMenonaktifkan pemberitahuan (mute) percakapan
Ctrl + BackspaceMenghapus percakapan
Ctrl + Shift + UMenandai chat sebagai belum terbaca
Ctrl + Shift + NMembuat grup baru
Ctrl + PMembuka status profil
Ctrl + Shift + =Memperbesar ukuran font tulisan
Shortcut ini bisa digunakan baik komputer Windows maupun Mac ya guys. Dengan shortcut Whatsapp Web tadi pasti akan lebih memudahkan kamu dalam bernavigasi. Tidak perlu lagi bolak-balik keyboard dan mouse lagi saat chat. Berdasarkan pengalaman penggunaan Saya, shortcut ini tidak bisa digunakan saat mengakses Whatsapp Web menggunakan browser.

2. Menggunakan 2 Akun di Satu Komputer

Kamu punya 2 akun yang berbeda untuk urusan pribadi dan pekerjaan? Nah kamu bisa gunakan trik Whatsapp Web yang kedua ini guys. Dengan Whatsapp Web kamu bisa menggunakan 2 akun sekaligus dalam satu komputer. Saya sudah mengulasnya secara lengkap di artikel berikut ini :

3. Mengatur Volume Suara dan Kecepatan Voice Note

Melalui Whatsapp Web memang kita tidak bisa melakukan telepon atau voice call. Akan tetapi kita masih bisa saling berkirim pesan suara atau voice note (VN). Terkadang ada saja teman yang mengirim VN dengan durasi yang sangat panjang dan membuat malas mendengarnya. Trik Whatsapp Web ketiga ini lah solusinya, dengan ekstensi khusus bernama Zapp kamu bisa mempercepat VN dari teman kamu.
Trik ini bisa digunakan kalau kamu mengakses Whatsapp Web menggunakan browser Chrome. Kamu harus tambahkan terlebih dahulu ekstensi Zapp, link download-nya ada di sini. Cara menggunakannya gampang, saat kamu mendengarkan VN tap ikon Zapp yang ada di bagian sudut kanan atas. Disitu kamu bisa mengatur volume serta kecepatan VN.
trik-whatsapp-web-2

4. Mencari Emoji Menggunakan Keyboard

Saat chatting menggunakan Whatsapp Web kadang kita kesulitan atau kagok saat ingin menambahkan emoji. Berbeda dari versi smartphone dimana aplikasi keyboard sudah disertai fitur emoji, di keyboard PC tidak ada. Kalau kamu suka menggunakan emoji saat chatting coba trik Whatsapp Web yang keempat ini. Caranya mudah sekali guys, di kolom chat masukan tanda titik dua (:) lalau diikuti dengan kata-kata dari emoji yang ingin kamu masukan. Agar lebih mudah memahaminya, Saya akan beri contohnya di bawah ini.

Misal kamu ingin memasukkan emoji ekspresi wajah, ketikkan saja :face dan begini hasil yang akan keluarAtau kamu sedang mengirim ucapan selamat ulang tahun ke teman dan ingin menambah emoji kue ulang tahun, coba ketik :birthday. Seperti ini rekomendasi emoji yang akan muncul :Kamu bisa mencoba menggunakan kata pencarian lainnya. Menurut pengalaman Saya, pencarian ini hanya bisa dilakukan menggunakan bahasa Inggris. Trik ini bisa kamu gunakan baik jika mengakses melalui browser maupun aplikasi Whatsaap di PC. Sekarang tidak perlu ribet lagi deh klik sana klik sini.

5. Mengubah Emotikon Menjadi Emoji

Trik Whatsapp Web yang kelima masih berkaitan dengan emoji guys. Selain bisa mencari emoji kamu juga bisa merubah emotikon menjadi emoji. Kalau fitur ini kamu tidak perlu menambah berbagai ekstensi lagi.

Hanya saja kamu harus hafal kode emotikon-emotikon yang ada. Beberapa diantaranya bisa kamu lihat pada gambar di atas. Ketika kamu mengetikkan salah satu emotikon di kolom chat, maka emotikon tersebut akan secara otomatis berubah menjadi emoji.


Akhir Kata

Itu tadi 5 trik Whatsapp Web yang harus kamu coba guys. Menggunakan trik-trik tersebut akan membuat kamu semakin mudah dan nyaman saat menggunakan Whatsapp Web. Kamu punya trik lain yang tidak kalah canggih? Coba dong share di komentar.

Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan