-->
Load more

Cara Mengatur Kunci Fingerprint di Android Dengan Mudah

Shares ShareTweet
Cara Mengatur Kunci Layar Fingerprint Android

Kunci Layar Fingerprint adalah fitur dengan metode pemindaian sidik jari sebagai Pengunci Layar. Ini merupakan salah satu pilihan kemananan yang diterapkan pada perangkat modern atau ponsel kelas atas. Pilihan ini terdapat pada perangkat dengan fitur yang memiliki alat sensor khusus untuk memindai, tersedia pada sebagian besar perangkat dengan sistem operasi Android Marshmallow ke atas, dan sebagian kecil dengan versi Lollipop.



  • Tingkatan Android
Fingerprint Sensor adalah Alat pemindai sidik jari. Perlahan tapi pasti menjadi fitur yang banyak digunakan dalam smartphone kelas tinggi. Sensor ini menawarkan pengguna membuka cepat tampilan layar, sementara itu sambil memberikan dinding keamanan yang stabil untuk setiap pengintai yang mungkin ingin menggali setiap data pada perangkat.
Jika privasi dan keamanan menjadi prioritas, maka pengguna dapat mengaktifkan fitur fingerprint atau pemindaian sidik jari sebagai pengunci layar. Pilihan ini dapat digunakan untuk membuka kunci layar, otentikasi pembelian, dan membuka aplikasi tersendiri yang telah dikunci sesuai keinginan.
  • Kunci Layar, Pengunci Layar, Lock Screen
Catatan penting yang perlu diperhatikan:
  1. Fingerprint mungkin tidak seaman sebagaimana menggunakan metode PIN, Pola, atau Kata Sandi.
    • Metode PIN, Pola, atau Kata Sandi dapat dirubah sekehendak hati, tetapi Fingerprint tidak bisa dirubah, karena itu merupakan sidik jari yang sama. Oleh karena itu Sidik Jari dapat diduplikasi dan digunakan oleh yang lain.
  2. Pengguna akan diminta untuk membuat PIN, Pola, atau Kata Sandi seperti sebagaimana biasanya untuk pengunci layar.
    • Ini digunakan sebagai cadangan jika dikemudian waktu otentikasi Sidik Jari tidak berhasil membuka pengunci.
    • Kunci Layar cadangan juga digunakan sebagai pengunci jika perangkat dihidupkan ulang atau restart, karena pada sebgian perangkat sidik jari tidak berlaku dalam keadaan tersebut.
  3. Data Fingerprint pengguna tersimpan dengan aman dan tidak pernah meninggalkan perangkat, tidak pula terkoneksi dengan Akun Google atau aplikasi lainnya yang terdapat pada perangkat.

Mengaktifkan Kunci Layar Fingerprint

Setiap perangkat mungkin agak sedikit berbeda tampilannya, tetapi pada dasarnya sama.
Cara Mengatur Kunci Layar Fingerprint Android


Untuk mengaktifkan dan mengatur Fitur Fingerprint:
  1. Buka “Setelan” atau “Settings”.
  2. Buka “Keamanan” atau “Security” atau “Kunci Layar & Keamanan” atau “Lock screen & security”.
  3. Buka “Sidik jari” atau “Fingerprint” atau “imprint”.
  4. Pada beberapa perangkat kemudian Pilih “Tambahkan Sidik Jari” atau “Add Fingerprint”.
  5. Ikuti petunjuk yang terdapat pada layar, sebagaimana biasa seperti membuat pengunci dengan metode PIN, Pola, atau Kata Sandi.
    • Tips: Tempatkan Jari yang mana saja yang ingin dipindai pada alat sensor pemindai atau tekan sebagaimana menekan pada layar.
  6. Jika telah selesai memasukan datanya, tekan Lanjutkan atau Continue.
    • Jika perangkat belum pernah dikunci, kemudian akan diminta memasukan pula kode pengunci PIN, Pola, atau Kata Sandi yang kemudian akan dijadikan sebagai cadangan.
    • Jika sudah pernah dikunci, maka kode pengunci yang terakhir digunakan akan dijadikan sebagai cadangan.
  7. Demo berupa animasi mungkin akan tampil di layar untuk mengkonfirmasi data untuk dimasukan sebagai Pengunci.
Catatan: Pengguna dapat menambahkan Kunci Layar Fingerprint sampai sebanyak 5 kali dengan jari yang berbeda-beda.
Cara Membuka Kunci Layar Fingerprint
Untuk membuka pengunci layar dengan sidik jari:
  1. Tempatkan atau dekatkan Jari pada sensor pemindai beberapa saat sampai pengunci layar terbuka.
  2. Gunakan Metode Cadangan jika tidak bisa membuka layar atau Fingerprint tidak berhasil.
    • Gunakan jika otentikasi sidik jari beberapa kali tidak berhasil.
    • Gunakan setelah menghidupkan ulang atau restart perangkat.
    • Gunakan setelah berganti nama akun.
    • Setelah sekitar 48 jam berlalu dapat digunakan dari terakhir membuka kunci layar dengan metode kunci cadangan.

Menonaktifkan Kunci Layar Fingerprint

Pengguna dapat menonaktifkan dengan menghapus dan mengganti metode kunci layar.



Cara Menonaktifkan Kunci Layar Fingerprint pada Android
Untuk menghapus dan mengganti Kunci Layar Fingerprint dengan PIN, Pola, atau Kata Sandi:
  1. Buka Setelan atau Settings.
  2. Buka “Keamanan” atau “Security” atau “Kunci layar dan keamanan” atau “Lock screen and security”.
  3. Buka “Sidik jari” atau “Fingerprint” atau “imprint”.
    • Pindai sidik jari atau gunakan metode cadangan untuk otentikasi.
    • Pilih Nama Sidik jari dan kemudian “Hapus” atau “Delete”.
    • Ulangi menghapus jika terdapat lebih dari satu nama sidik jari.

Cara Mengunci Android Dengan Menggunakan Sidik Jari


Cara mengunci Layar Android dengan sidik jari. Dengan mempunyai sebuah smartphone yang menggunakan Sistem Operasi Android berarti anda bisa menggunakan seluruh aplikasi yang ada di Play Store, salah satu Aplikasi yang menurut saya cukup keren adalah aplikasi pengunci dengan sidik jadi, karena bisa mengunci layar dengan menggunakan sidik jari, karena jika menggunakan apliksi ini akan membuat tampilan menjadi keren dan smartphone anda akan terlihat lebih profesional. Selain itu, jika anda tidak ingin ribet bisa juga mengunci Android dengan password yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Aplikasi yang bisa anda gunakan adalah FingerPrint / Keypad Lock Screen yang bisa anda dapatkan dari Play Store secara gratis, cara mendapatkanntnya pun cukup mudah yaitu anda tinggal masuk ke play store lalu pasang Aplikasi tersebut di Android anda, ketika saya mencari Aplikasi untuk Mengunci layar Android dengan Sidik Jari yang cocok untuk saya gunakan yaitu FingerPrint tersebut karena fiturnya sangat mudah di gunakan dan saya rasa cukup maksimal digunakan karena versi Gratis dan cukup banyak penggunanya juga ketika saya cek jumlah pemakainya mencapai sepuluh juta lebih. Untuk lebih jelasnya berikut adalah tahapan-tahapan mengenai cara mengunci Android dengan sidik jariyang bisa anda ikuti dan terapkan pada Android anda.

  • Setelah masuk ke play Store, di pencarian silahkan anda ketik FingerPrint lock, biasanya langsung ada sugesti FingerPrint / Keypad Lock Screen, atau bisa juga Anda dapatkan DISINI untuk mempermudah.
  • Selanjutnya jika sudah ketemu aplikasi nya anda tinggal klik untuk mendapatkan aplikasinya.
  • Kemudian kita akan memasangnya di Android kita, jadi tinggal tekan Pasang untuk menginstal.
  • Untuk menyetujui dan melanjutkan proses instalasi silahkan tekan, Terima.
  • Tunggu prosesnya sampai selesai, jika sudah maka akan terlihat di daftar aplikasi yang sudah terpasang seperti pada ss di bawah ini.
  • Silahkan masuk ke aplikasinya, dan anda tempelkan sidik jari anda, pada layar yang tersedia. jika sudah selesai anda bisa melakukan pengetesan dengan cara mengunci handpone anda. dan tampilan layar pembuka kuncinya seperti gambar berikut.
  • Untuk membuka silahkan anda tempelkan sidik jari anda pada ruang yang telah disediakan. Apabila salah tampilannya sebagai berikut, dan anda di suruh untuk mengulang kembali.
  • Jika cocok maka akan terbuka dan tampilan layarnya seperti pada tampilan di bawah ini.

Bagaimana keren bukan Aplikasi untuk mengunci Android dengan sidik jari ini? ya tentu saja ada sebuah kebanggaan tersendiri apabila teman anda melihat kunci pada Smarthpone Android anda di buka dengan menggunakan sidik Jari apalagi teman Anda tersebut masih awam dan masih belum terlalu paham mengenai Android anda bisa di bilang orang hebat heheh, tapi memang tidak bisa di pungkiri dengan mengamankan Android  dengan sidik jari bisa melindungi data-data pencting Anda dari orang yang tidak mempunyai niat baik seperti ingin melihat data penting yang ada di dalam Handpone atau mengotak atik sosial media Anda, karena kita juga sudah mengetahui bahwa di dalam Smartphone Android pasti sudah login ke banyak Sosial Media besar seperti Facebook, Twitter, bahkan ke akun Gmail, secara otomatis kunci layar adalah pertahanan yang sangat penting dan keamanannya harus sangat di perhatikan karena bisa berdampak pada akses seluruh media sosial yang ada di Android Anda.

Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan