-->
Load more

Cara Aktifkan Dan Nonaktifkan Google Play Store Dengan Mudah

Shares ShareTweet

Cara Mengaktifkan, Menonaktifkan, Play Store

Google Play atau Play Store adalah layanan distribusi digital atau termasuk toko media digital yang menyediakan beragam aplikasi. Google Play Store awalnya bernama Android Market, dioperasikan dan dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini berfungsi sebagai toko aplikasi resmi untuk sistem operasi Android, yang memungkinkan pengguna untuk menelusuri dan men-download aplikasi yang dikembangkan dengan SDK Android dan dipublikasikan melalui Google.



  • Tingkatan Android
Google Play adalah aplikasi yang mencakup koleksi app untuk Android termasuk game, Google Play Music, Google Play Books, Google Play Movies & TV, dan lain-lain. Pengguna akan menemukan masing-masing aplikasi ini terpasang secara individual pada ponsel, tablet, smartphone atau perangkat TV Android, bersama dengan aplikasi Google Play Store tersendiri di mana pengguna dapat men-download, menjalankan aplikasi dan media.

Mengaktifkan Play Store

Pada dasarnya jika telah mengaktifkan akun Google, maka akan tersinkronisasi pula dengan layanan lainnya seperti gmailmapsyoutubedriveplay musicplay moviesphotos, dan secara otomatis telah mengaktifkan semuanya.
Cara Mengaktifkan Play Store, jika belum memiliki email Google
Untuk mengaktifkan Google Play Store, jika belum memiliki email Google, biasanya ini digunakan untuk pengguna yang baru pertama kali menggunakan Google:
  1. Buka Play Store.
  2. Tekan “Or create new account” atau “Atau buat akun baru”.
  3. Tekan dan isi “First Name” atau “Nama Depan” dan “Last Name” atau “Nama Belakang” dengan nama bebas sesuai keinginan.
  4. Tekan tombol “Next” atau “Berikutnya”, jika telah selesai mengisi nama.
  5. Masukan tanggal lahir mulai dari hari, bulan, tahun dan jenis kelamin, kemudian Tekan “Next” atau “Berikutnya”.
  6. Masukan “User name” atau “Nama pengguna” yang diinginkan, bebas, namun unik, karena tidak boleh sama dengan pemilik akun yang lain. Ulangi penamaan ini jika telah dimiliki oleh pengguna lain, dan jika telah diisi, kemudian Tekan “Next” atau “Berikutnya”.
  7. Masukan “Kata sandi” atau “password” 2x dengan kata sandi yang sama, dibawah dan diatas, yang unik dan tidak mudah ditebak oleh orang lain untuk menghindari penyalahgunaan akun oleh orang lain.
  8. Tekan “Next” atau “Berikutnya”, jika telah selesai membuat kata sandi.
  9. Masukan nomor telepon atau handphone dan kode negara “ID” untuk Indonesia, atau langkah ini bisa dilewati.
  10. Tekan “Next” atau “Berikutnya”, maka akan muncul “Privacy and Terms” atau “Privasi dan Persyaratan”.
  11. Gulir sampai kebawah dan Tekan “I Accept” atau “Saya Setuju”, maka akan muncul Akun Google baru anda dengan detail nama email dan kata sandi yang sesuai dengan yang telah dibuat sebelumnya.
  12. Tekan “Next” atau “Berikutnya”, maka akan muncul “Google Service” atau “Layanan Google”.
  13. Tekan “Next” atau “Berikutnya”, kemudian akan muncul “payment info” atau “Siapkan info pembayaran” dan pilih “next time” atau “lain kali”.
  14. Tekan “Continue” atau “Lanjutkan”, maka akan secara otomatis masuk ke Google Play Store.
  15. Selamat akun Play Store telah sukses dibuat, dan secara otomatis telah menaktifkan semua layanan yang terhubung dengan Google.
Cara Mengaktifkan Play Store, jika sudah memiliki email Google
Untuk mengaktifkan Google Play Store, jika telah memiliki akun email Google:
  1. Buka Play Store.
  2. Masukan nama akun gmail pada area “Enter your email” atau “Masukan email Anda”, kemudian Tekan “Next” atau “Berikutnya”.
  3. Masukan “kata sandi” atau “password”.
  4. Tekan “Next” atau “Berikutnya”, maka akan muncul notifikasi Persetujuan.
  5. Tekan “Accept” atau “Terima”, maka akan muncul “Google Service” atau “Layanan Google”.
  6. Tekan “Next” atau “Berikutnya”, maka akan muncul “payment info” atau “Siapkan info pembayaran” dan pilih “next time” atau “lain kali”.
  7. Tekan “Continue” atau “Lanjutkan”, maka akan secara otomatis masuk ke Google Play Store.
  8. Selamat akun Play Store telah sukses dibuat, dan secara otomatis telah menaktifkan semua layanan yang terhubung dengan Google.

Menonaktifkan Play Store

Jika ingin menggunakan akun dengan nama lain atau dengan alasan tertentu, maka Google Play dapat dinonaktifkan dan kemudian dapat masuk kembali sesuka hati kapan saja. Ini secara otomatis akan menonaktifkan pula semua akun yang terhubung dengan layanan Google yang tersinkronisasi seperti yang telah disebutkan diatas.
Cara Menonaktifkan Play Store
Untuk menonaktifkan Akun Google Play Store:
  1. Buka “Settings” atau “Setelan”.
  2. Gulir tampilan kebawah, temukan dan buka “accounts” atau “akun”, maka akan terlihat satu atau beberapa akun yang sedang digunakan.
  3. Temukan dan Buka “Google”, maka akan terlihat nama akun gmail yang sedang digunakan.
  4. Buka atau Tekan nama akun gmail tersebut, maka akan muncul kembali nama-nama aplikasi yang sudah tersinkronisasi atau terhubung.
  5. Tekan Tombol kiri paling bawah sebelah tombol menu, maka akan muncul tulisan “Sync now” atau “Sinkronkan sekarang” dan “Remove account” atau “Hapus akun”, seperti gambar dibawah ini.
  6. Tekan tombol “Remove account” atau “Hapus akun”, maka akan muncul pemberitahuan “Remove account?” atau “Hapus akun?”.
  7. Sekali lagi Tekan tombol “Remove account” atau “Hapus akun”, maka secara otomatis akan menonaktifkan semua akun yang tersinkronisasi dengan layanan Google dan selesai.

Seperti kita ketahui aplikasi bawaan googleplay service dan playstore terus berjalan di belakang meskipun tidak di gunakan, bahkan di matikan paksa dengan aplikasi task killer. untuk perangkat low end atau perangkat yg berspek rendah tentu ini membuat hp / tablet lambat. jika anda tidak menggunakannya anda dapat mematikannya untuk sementara. dan dapat mengaktifkannya jika membutuhkannya.

Pada perangkat yang menjalankan Android 4.0 atau versi yang lebih tinggi, Anda dapat menonaktifkan aplikasi sistem Google yang telah terpasang sebelumnya melalui Setelan perangkat. Setelah dinonaktifkan, aplikasi sistem tersebut akan disembunyikan di layar menu Anda. Perhatikan bahwa menonaktifkan aplikasi yang telah terpasang sebelumnya dapat mengganggu aplikasi lainnya dan akan menghapus data yang terkait dengan aplikasi tersebut.

Menonaktifkan aplikasi sistem yang telah terpasang sebelumnya.

·         1. Buka menu Setelan perangkat Anda.
·         2. Pilih Aplikasi / App.
·         3. Pilih tab semua / all.
·         4. Sentuh aplikasi sistem yang ingin dinonaktifkan.
·         5. Pilih Nonaktifkan .

Mengaktifkan kembali aplikasi sistem yang telah terpasang
sebelumnya

Jika Anda telah menonaktifkan aplikasi dan ingin
mengaktifkannya kembali, Anda dapat mencari dan
mengaktifkan aplikasi itu lagi dengan mengikuti langkah
berikut:
·         1. Buka Setelan pada perangkat Anda.
·         2. Gesek untuk melihat Semua aplikasi.
·         3. Gulir ke bawah tersebut untuk melihat aplikasi sistem yang dinonaktifkan.
·         4. Sentuh aplikasi sistem yang ingin Anda aktifkan
·         5. Pilih Aktifkan .
Setelah berhasil diaktifkan kembali, aplikasi sistem dapat
dilihat dan dibuka dari layar aplikasi utama Anda.
pada perangkat dg os android froyo dan ginggerbread di butuhkan tool khusus seperti link2sd, greenify dan aplikasi sejenis. Selamat mencoba.



Catatan: Setelah ini mungkin akan muncul notifikasi tanda seru diatas layar, karena tidak ada akun yang sedang digunakan dan untuk masuk kembali menggunakan akun yang sama atau yang lain, ikuti langkah yang sama dengan cara mengaktifkan Google Play diatas.

Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan