-->
Load more

Cara Agar Youtube'an Lancar Tanpa Macet 100% Work

Shares ShareTweet

Cara agar Video YouTube Lancar tanpa Buffering tanpa Tersendat


Barangkali anda pernah merasa kesal ketika sedang asyik-asyiknya menikmati Video Musik kesayangan di YouTube tiba-tiba berhenti dan terputus-putus alias buffering, hal tersebut biasanya terjadi karena koneksi yang kita gunakan memiliki kecepatan yang rendah aliaslelet bin lemot sedangkan video yang kita putar memiliki memiliki resolusi yang cukup tinggi.

Video dengan resolusi tinggi seperti HD (High Definition) 720 pixel dan Full HD 1080 pixel, memang sangat mengasyikan bagi mata kita karena gambarnya jernih, jelas dan tanpa blur, namun untuk memutar video secara online dari YouTube diperlukan koneksi internet dengan speed yang tinggi pula. Jika kita memaksakan memutar video resolusi tinggi dengan menggunakan koneksi internet yang rendah, ya jadinya buffering alias putus-putus.

Trik Cara agar Video Youtube lancar tanpa putus tanpa buffering
Cara Mengatasi Video YouTube tanpa Buffering

Trik berikut adalah cara untuk mengatasi agar video YouTube tersebut lancar diputar dan tidak mengalami putus-nyambung putus-nyambung.

Cara 1: Agar Video Youtube tanpa Buffering

  • Buka Youtube kemudian cari sebuah video musik yang anda ingin putar
  • Saat video berjalan, klik tombol Setelan atau Setting yang ada di bagian bawah kanan video (lihat gambar di atas)
  • Klik pada bagian Kualitas
Cara agar Video Youtube lancar tanpa putus-putus tanpa buffering
Pengaturan Kualitas Video Youtube

  • Pada jendela baru pilihan kualitas video, silakan pilih kualitas yang paling sesuai dengan kecepatan koneksi internet yang ada gunakan.
Cara agar Video Youtube lancar tanpa putus tanpa buffering saat diputar online
Pilih kualitas video sesuai dengan kecepatan koneksi internet

  • Pada contoh video musik seperti di atas memiliki kualitas 1080p HD, walaupun dalam pengaturan default sudah otomatis, tetapi tetap saja ada buffering.
  • Supaya video lancar tanpa putus, maka pilih kualitas menjadi 240p
  • Tunggu beberapa saat, dan sekarang video lancar tanpa buffering
Saran saya jika anda memutar video musik turunkan saja pada angka yang paling rendah yaitu 144p, karena yang utama kita nikmati dari video musik adalah musiknya bukan videonya, sebab menurunkan kualitas video tidak serta merta menurunkan kualitas musik. Apalagi jika anda membuka Youtube menggunakan handphone dengan koneksi internet mengandalkan kuota yang terbatas, dengan kualitas video 144 pixel saja sudah cukup bagus dan hemat kuota lagi.

Cara 2: Agar Video Youtube Lancar tanpa Buffering

Jika trik pertama yang anda lakukan masih kurang berhasil, karena koneksi internet yang anda gunakan super lelet sehingga video Youtube walau sudah diturunkan kualitasnya masih saja terputus-putus, Trik berikut patut anda coba.
  • Buka situs YouTube seperti biasa dengan mengetikkan URL youtube.com
  • Di belakang URL youtube.com tambahkan /html5 seperti ini jadinya: youtube.com/html5 (Ingat tambahannya /HTML5 pakai huruf kecil. Jadi bukan HTM15)
  • Tekan enter, maka akan tampil halaman seperti di bawah ini. Jika pada tanda centang paling bawah sudah muncul tulisan: Saat ini pemutar HTML5 sedang digunakan jika memungkinkan. ini artinya pemutar video YouTube html5 sudah aktif.
Trik agar supaya Video Youtube lancar tanpa putus tanpa buffering
Tampilan halaman Youtube HTML5

  • Silakan masukkan kata kunci video yang mau diputar pada kotak pencarian, kemudian tekan enter
  • Silakan putar video kesayangan anda dan rasakan bedanya
Cara agar Video Youtube lancar saat diputar tanpa putus tanpa buffering
Video dengan kualitas HD tanpa Buffering dengan HTML5

Sekarang ini beberapa browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Opera, Apple Safari, telah mendukung pemutar Video YouTube HTML5. Jadi jika anda menggunakan selain browser yang telah saya sebutkan tadi, kemungkinan pemutar Video YouTube HTML5 tidak akan muncul.



Tips Agar Youtube tidak Macet-macet saat dimainkan


Menonton video Youtube yang sering tersendat-sendat waktu dimainkan tentunya membuat jengkel, Apalagi sinyal sudah bagus namun tetap saja sering terjadi loading atau proses buffering yang mengakibatkan terhentinya sementara video untuk melakukan loading data dari server Youtube.

Tips Agar Youtube tidak Macet-macet saat ditonton

Dalam sistem kerjanya, Ketika smartphone mengakses salah satu video di youtube akan terjadi proses upload dan download data, dimana proses download data inilah yang paling berpengaruh untuk menonton youtube dengan sempurna tanpa tersendat-sendat.

Ketika pertama kali anda membuka salah satu video nantinya akan ada proses upload data yaitu perintah ke server untuk mengakses file video tersebut, kemudian ada proses download data, dimana kecepatan koneksi data internet berpengaruh dalam proses lancarnya menonton video secara online.

Proses download data video di youtube sering disebut sebagai buffering, semakin besar dan cepat melakukan buffering maka semakin lancar pula tontonan yang anda saksikan. Ketika anda melihat video youtube di progress bar ada warna merah dan juga Putih, yang merah berarti posisi realtime track yang sedang diputar dan yang warna putih adalah file Buffering yang sudah diunduh dan siap untuk dimainkan.

Semakin cepat garis putih di slider youtube terunduh dan berjalan menjauh dari warna merah maka semakin lancar pula nantinya anda menonton youtube. Bahkan ketika garis slider bar warna putih di layar sudah mencapai finish walaupun koneksi internet anda putus sekalipun tetap bisa anda tonton video tersebut karena file buffering yang dipakai tanpa unduhan data lagi.

Tips agar Youtube lancar tidak tersendat di Smartphone


Di bawah ini ada tips mudah agar tontonan video youtube tidak macet-macet ketika dimainkan, yuk disimak tipsnya

1. Periksa Koneksi

Pertama kali cek dahulu sinyal koneksi data internet, apakah bagus atau minim. Kecepatan koneksi internet walaupun sudah di jaringan 3G atau 4G tidak akan maksimal dan menyebabkan macetnya tontonan youtube.

2. Pilih Resolusi

Banyak pengguna aplikasi youtube yang menggunakan settingan default alias otomatis ketika melihat video youtube, padahal tidak semua pemilik smartphone yang mempunyai koneksi data cepat tergantung dari paketan dan jaringan yang digunakan.

Silahkan pilih secara manual resolusi atau kualitas video yang sedang anda mainkan bila merasa tontonan tersendat-sendat, caranya sebagai berikut:

a. Buka aplikasi youtube dan putar salah satu video, kemudian pause dahulu tontonan dan sentuh ikon titik 3 di pojok layar

edit rresolusi di video youtube

b. Kemudian pilih resolusi video, semakin rendah nilainya semakin cepat proses buffering dan semakin lancar
Walau dengan menurunkan resolusi video youtube bisa mereduksi tampilan tidak sejelas resolusi tinggi namun pada umumnya gambar yang dihasilkan masih bagus, toh anda hanya ingin melihatnya tanpa tersendat bukan?

3. Matikan Aplikasi lain

Walaupun sudah menurunkan resolusi tapi tetap macet-macet apa lagi yang harus dilakukan?, cobalah untuk menutup aplikasi yang sedang terbuka. Banyaknya aplikasi yang memerlukan data internet seperti aplikasi facebook, whatsapp, BBM, Instagram dan sebagainya itu bisa membuat asupan data internet terbagi sehingga tidak maksimal untuk melakukan buffering video.

4. Restart Ponsel

Ketika anda tidak tahu aplikasi mana yang masih terbuka atau sudah tertutup dengan sempurna, silahkan reboot ulang ponsel dan tunggu sampai ponsel menyala kembali, jangan membuka aplikasi Sosmed lainnya dahulu, langsung buka saja aplikasi Youtube dan tontonan video akan lebih lancar karena belum ada aplikasi yang terbuka satupun selain youtube.

Bagaimana, sudah siap menonton streaming Youtube tanpa tersendat-sendat?, silahkan di praktekkan sekarang juga, semoga bermanfaat.

Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan