-->
Load more

Cara Mengirim Pesan Email Tanpa Menggunakan Internet Dengan Mudah

Shares ShareTweet
Email adalah salah satu sarana terpenting yang ada di internet. Biasanya kita berkirim dokumen penting mulai dari tugas sekolah/kuliah atau berkas pekerjaan lewat sarana yang satu ini.
Mengirim dan menerima email tentu membutuhkan koneksi internet. Tapi kali ini, Saya akan kasih kamu tips gimana cara mengirim email tanpa internet.

Cara Menggunakan Email Tanpa Internet (Gmail Offline)

Kamu dihadapkan pada situasi wajib mengecek email yang dikirimkan dosen atau bos di kantor, tapi di satu sisi kamu sedang berada di luar jangkauan atau koneksi internet, misalnya lagi liburan di daerah tertentu. Tenang aja, kamu pengguna Gmail pasti akan merasa sangat tertolong dengan adanya fitur terbaru yaitu mode Gmail Offline.
Mode Gmail Offline memungkinkan kamu untuk menyimpan segala email di hard drive. Kamu bisa membuat email, mengecek inbox alias kotak masuk, hingga menekan tombol Send atau kirim meski sedang dalam kondisi offline. Khusus untuk mengirim, email kamu akan disimpan di outbox atau kotak keluar dan akan terkirim begitu perangkat kamu terhubung dengan internet.
Penasaran gimana cara mengaktifkan dan menggunakan mode Gmail Offline? Langsung aja ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Buka akun Gmail di perangkat PC atau smartphone kamu (Jaka menggunakan versi PC untuk contoh). Klik ikon roda gigi yang ada di sebelah kanan atas, lalu pilih Settings.
  • Pilih tab Offline yang ada di menu Settings.
  • Untuk mengaktifkan mode Gmail Offline, centang bagian Enable offline mail. Kamu juga bisa mengatur apakah ingin tetap menyimpan data offline jika nantinya kamu melakukan log out. Jika sudah, pilih Save Changes. Kamu sudah bisa menggunakan segala fitur yang ada di mode Gmail Offline.

Akhir Kata

Itulah cara menggunakan mode Gmail Offline dan sedikit trik gimana cara mengirim email tanpa internet yang bisa kamu terapkan saat liburan atau dalam kondisi gak ada koneksi internet. Kini kamu gak perlu lagi takut gak bisa mengecek atau mengirim dokumen penting via email. Selamat mencoba!


Cara Mengirim Email Banyak Tanpa Diketahui Penerima Satu Sama Lain


Dalam artikel kali ini kita akan membahas cara mengirim email ke banyak alamat tanpa diketahui oleh masing – masing penerima kepada siapa saja anda mengirim email tersebut, sehingga setiap penerima email tidak akan mengetahui satu sama lain karena alamat email penerima lain telah disembunyikan sebelum diterima oleh seluruh alamat email yang terdaftar.

Saat mengirim email ke lebih dari satu penerima dan beberapa penerima tidak kenal satu sama lain sangat disarankan untuk tidak memperlihatkan kepada siapa saja kita mengirim email tersebut. Karena beberapa orang mungkin akan sangat marah ketika kita secara tidak langsungmempromosikan email mereka kepada penerima lainnya.

 Biasanya ketika kita mengirim email kepada beberapa orang, kita memasukan semua alamat email yang ingin dituju pada kolom Cc (Carbon Copy) bahkan masih ada yang memasukan semua alamat email tersebut pada kolom ‘To’ atau ‘kepada’. Bila beberapa orang yang anda kirimi tidak kenal satu sama lain tidak disarankan untuk menggunakan Cc karena seperti yang sudah diutarakan diatas, beberapa orang sangat tidak suka bila alamat emailnya diketahui oleh orang lain tanpa seizinnya, walaupun kita tidak bermaksud seperti itu.

Disinilah fungsi Bcc (Blind Carbon Copy) harus digunakan. Saat kita memasukan alamat – alamat email didalam kolom Bcc sistem dasarnya akan menginstruksikan mail server untuk menghilangkan alamat – alamat email yang dituju sebelum dikirim secara masal sehingga penerima email tidak akan mengetahui kepada siapa saja kita mengirim email yang sama kepada beberapa orang sehingga kita tidak perlu khawatir lagi ada orang yang marah karena alamat emailnya disebarluaskan oleh kita walaupun secara tidak sengaja.

Kelebihan menggunakan Bcc (Blind Carbon Copy)

  1. Penerima tidak akan mengetahui alamat email satu sama lain
  2. Privasi tiap individu penerima tetap terjaga
  3. (bila ada) Email balasan hanya akan diterima oleh kita (pengirim)
  4. Mengurangi resiko konflik antar penerima
  5. Dianggap lebih beretika untuk penerima yang belum mengenal satu sama lain
  6. Fitur Bcc tetap tersedia walaupun mengirim melalui smartphone

Kekurangan menggunakan Bcc (Blind Carbon Copy)

  1. Dalam beberapa kriteria email seperti ini bisa dianggap sebagai email ‘spam’ /promosi oleh sistem keamanan pada masing – masing penyedia jasa email (jarang terjadi)
  2. Pengirim harus mengkonfirmasi email yang dikirim untuk memastikan bahwa email tetap dibaca walaupun terlanjur masuk kedalam folder ‘spam’ atau ‘junk mail’
  3. Untuk orang – orang tertentu sebagai penerima cara ini bisa menimbulkan kecurigaan karena kita (pengirim) terlihat tertutup dengan menyembunyikan alamat email penerima lainnya.


Sekarang fitur Bcc sudah sangat umum dimiliki oleh hampir semua penyedia jasa email seperti Gmail, YahooMail, dll. Berikut ini Cara mengirim email banyak tanpa diketahui penerima satu sama lain dengan menggunakan fitur “Bcc” (Blind Carbon Copy) via Gmail:

#1

Setelah anda login seperti biasa, klik TULIS pesan seperti gambar dibawah ini (tidak berbeda dengan langkah biasa saat kita mengirim email untuk satu orang):

Cara Mengirim Email Banyak Tanpa Diketahui Penerima Satu Sama Lain


#2

Setelah jendela Tulis pesan baru terbuka, klik Bcc pada pojok kanan atas jendela pesan seperti gambar dibawah ini:

Cara Mengirim Email Banyak Tanpa Diketahui Penerima Satu Sama Lain


#3

Akan muncul kolom baru dibawah kolom ‘kepada’(To) yaitu kolom Bcc (Blind Carbon Copy) untuk diisi dengan alamat – alamat email yang akan kita kirimi pesan masal tersebut seperti pada gambar dibawah, selanjutnya kita harus mengisi Judul Pesan dan juga isi pesan seperti biasa kita mengirim email untuk satu penerima, terakhir klik ‘Kirim’ (Send). Selesai!

Cara Mengirim Email Banyak Tanpa Diketahui Penerima Satu Sama Lain


Pesan email yang menggunakan fitur Bcc sering digunakan oleh lembaga amal untuk mengirim email kepada para donator tentang kegiatan yang dilaksanakan ataupun laporan keuangan, biasa digunakan juga oleh para pekerja kantoran untuk mengirimkan ucapan Selamat Idul FitriSelamat Tahun Baru ataupun email Perpisahan kepada semua kolega di berbagai lini. Dan masih banyak type email lainnya yang akan sangat cocok bila menggunakan format Bcc (Blind Carbon Copy) ini.


Semoga informasi mengenai cara mengirim pesan (email) masal tanpa diketahui penerima satu sama lain ini dapat membantu dan memberikan inspirasi bagi kita semua agar lebih optimal lagi menggunakan teknologi seperti seharunya, bila menemui kedala atau masih kebingungan, teman – teman bisa komen langsung pada kolom komentar dibawah

Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan