-->
Load more

Cara Mengganti RAM Pada Laptop Dengan Cepat

Shares ShareTweet

Cara Mengganti RAM Pada Laptop Dengan Cepat

Salam Sobat PakarTekno. Kali ini saya ingin bercerita sedikit pengalaman saya tentang Cara Menambah atau MenggantiRAM pada Laptop. Karena beberapa hari yang lalu saya baru saja mengganti atau lebih tepatnya menambah kapasitas RAM laptop saya. Ya hanya sekedar ingin mendapatkan layanan dan fasilitas yang lebih cepat dari laptop saya. OK langsung saja tanpa basa-basi lagi, cekidot...

RAM (Random Access Memory) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang (Wikipedia). Meningkatkan jumlah RAM membuat daya komputasi komputer lebih kuat. Komputer dapat menjalankan program yang kompleks dan bekerja dengan berkas berukuran besar.

Sebelum ingin mengganti atau menambahkan jumlah RAM dengan memory yang sudah ada. Ada beberapa hal yang perlu sobat perhatikan, diantaranya sebagai berikut :

1. Tentang maksimal memori yang bisa digunakan atau dibaca. Artinya berapa maksimal PC/laptop kamu bisa membaca Memory RAM. Jika maksimal terbaca hanya 8 GB, maka kalau anda pasang RAM 16 GB pun yang terbaca / terpakai ya hanya 8 GB.
2. Tipe memori yang mendukung processor. Maksud dari poin kedua adalah kecepatan maksimal dari RAM yang ditentukan adalah DDR1, DDR2, atau DDR3. Nah terus bagaimana kita tahu kecepatan RAM berapa? Itu yang harus kita tahu dulu. Dalam pasaran RAM yang sudah di edarkan, kita akan menjumpai beragam tipe RAM DDR3 yaitu PC8500, PC10600, PC12800, PC15000. Berikut daftar spesifikasi RAM :


Mudahnya, beli RAM baru beda merk tidak apa-apa tapi dengan tipe yang sama. otomatis RAM yang baru juga mempunyai kecepatan yang sama...
3. Serta dukungan channel pada processor kita. Untuk masalah ini, komputer kamu bisa membaca RAM Single Channel, Dual Channel, atau Tripple Channel. Kalau cuma satu, hanya bisa di ganti yang lebih besar.

Catatan :Sering kali ada pertanyaan “apakah bisa kita menambahkan RAM dengan kapasitas yang berbeda pada kedua slot, misal slot 1 dipasang 1 Gb dan slot 2 dipasang 2 Gb.?” Jawabanya adalah sangat bisa, asalkan RAM yang baru / yang ditambahkan memiliki tipe, seri dan Bandwidth yang sama dengan RAM yang lama. Seperti yang disebutkan sebelumnya. Kenapa? Karena laptop saya juga beda ukuran RAM-nya. Ini buktinya;

Nah, jika syarat-syarat diatas sudah kamu pahami dan dapat kamu penuhi, maka langkah selanjutnya adalah memulai mengganti atau menambah RAM. Tentunya sesuai dengan batas maksimum besar memory yang bisa tertanam. Percuma kan pasang yang besar-besar tapi memory yang terpakai (Memory Usage) hanya sebagian saja. Langsung saja, berikut langkah-langkahnya;

1. Cabut semua aliran listrik yang masih mengalir ke laptop termasuk lepas baterai laptop...
2. Buka penutup RAM pada bagian bawah laptop tepatnya disamping tempat baterai. (setiap laptop memiliki tempat yang berbeda-beda).
3. Jika sudah terbuka, maka akan terlihat ada 1 keping RAM bawaan laptop yang terpasang pada slot.
4. Selanjutnya tinggal pasang RAM yang ingin ditambahkan atau diganti.
5. Setelah terpasang, silakan tutup kembali RAM seperti semula. Dan tinggal nyalakan laptop seperti biasa, karena penambahan atau penggantian RAM tidak perlu instalasi apapun. Lihat hasilnya.
6. RAM yang semula hanya 1 GB telah bertambah menjadi 3 GB..

Demikian informasi yang bisa saya samapikan tentang Cara Menambah atau Mengganti RAM pada Laptop. Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.... Good Luck….


Cara Menambah RAM Laptop (Lengkap Beserta Gambar)

Kemarin WinPoin sudah memberikan 
5 cara mengatasi laptop lemot, dan salah satunya adalah dengan menambah kapasitas RAM. Di tutorial lanjutan kali ini WinPoin akan memberikan panduan yang lebih detail lagi tentang bagaimana cara menambah RAM laptop — lengkap beserta gambarnya.

Di tutorial ini yang saya gunakan sebagai contoh adalah Laptop tunggangan saya saat ini yaitu Asus Transformer Book Flip TP500L, tetapi cara menambah RAM latop dengan brand dan merek lainnya tidak berbeda jauh.
Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah cara menambah RAM di laptop:

Alasan Menambah RAM Laptop
Mungkin beberapa diantara kamu ada yang bertanya-tanya, mengapa menambah RAM di laptop? Apa manfaatnya?
Well…RAM (Random Access Memory) bertugas menyimpan data dan proses agar bisa diakses dengan sangat cepat oleh CPU. Idealnya semakin besar jumlah RAM maka laptop akan semakin cepat dan responsif. 
Laptop saya dibekali dengan prosesor Intel Core-i7 5500U 2.4GHz Broadwell, Dual GPU Intel HD 1GB dan NVIDIA GeForce 940M 2GB, tetapi RAM bawaan yang hanya 4GB rasa-rasanya jadi kurang sepadan. Untuk itu saya memutuskan menambah lagi 8GB RAM di laptop ini sehingga totalnya menjadi 12GB RAM.

Persiapan Menambah RAM Laptop
Sebelum memulai upgrade RAM laptop, siapkan dulu beberapa hal seperti:
Obeng set lengkap yang saya belinya disini.
RAM / Memory yang ingin ditambahkan, disini saya menggunakan Corsair 8GB DDR3L PC3-12800
Pick gitar atau kartu tebal untuk membuka back cover, disini saya memakai Starbucks Card bekas

Buka Cover Belakang Laptop

Selanjutnya kamu tinggal buka semua skrup yang mengunci cover belakang laptop menggunakan obeng yang sesuai. Lepas semua jangan sampai ada yang ketinggalan, dan letakkan di tempat aman agar tidak terjatuh atau hilang. Dengan bantuan pick gitar atau kartu bekas, renggangkan sisi-sisi cover belakang. Kamu harus berhati-hati jangan sampai mematahkan plastik pengunci cover tersebut.



Setelah cover belakang terbuka kamu akan melihat seluruh komponen hardware laptop. Cari lokasi RAM di laptop kamu. Di laptop saya, RAM terletak di bawah cover pelindung ini.
Sebelum melakukan dan menyentuh komponen apapun , pastikan kamu lepas dulu pin konektor baterai (untuk laptop dengan baterai tanam) atau cukup lepas baterai sebelum back cover dibuka (untuk laptop dengan baterai terpisah). Ini penting untuk memastikan tidak ada aliran listrik di komponen hardware laptop. Di laptop saya, caranya cukup tarik ke belakang pengunci konektor, lalu tekan ke atas dengan menggunakan obeng. Kamu harus melakukannya dengan pelan dan hati-hati, jangan sampai ada pin konektor yang patah.
Nah kini kamu tinggal memasang RAM baru di slot memori yang tersedia dan menggambungkannya dengan RAM yang sudah ada. Beberapa laptop tidak memberikan tambahan slot memori ekstra, jika begitu kasusnya maka kamu harus mengganti RAM yang lama dengan RAM baru yang berkapasitas lebih besar.
Di Laptop saya RAM ada di belakang cover pelindung, jadi saya tinggal lepas saja cover pelindung dan menemukan satu slot memori yang masih kosong.
Kini tinggal masukkan saja RAM baru yang ingin ditambahkan ke slot memori laptop. Pastikan RAM terpasang dengan sempurna, tekan hingga terkunci dan berbunyi klik.

Setelah itu pasang dan kembalikan lagi apa yang sebelumnya sudah dilepas, seperti cover pelindung RAM (jika ada) dan pin konektor baterai laptop (untuk laptop dengan baterai tanam).
Sebelum menutup cover belakang laptop, pastikan dulu RAM terpasang dengan benar dan terdeteksi dengan baik. Nyalakan laptop dan lihat apakah laptop bisa berjalan normal dan RAM terdeteksi tanpa masalah.

Jika tidak ada masalah, tutup lagi cover belakang laptop dan kunci dengan mengencangkan semua skrup.

Kini proses menambah RAM di laptop sudah selesai. Laptop saya yang awalnya 4GB sudah menjadi 12GB dan benar-benar semakin kencang! Program berat yang sebelumnya terasa lambat kini jadi makin responsif.
Itulah cara menambah RAM laptop lengkap beserta gambar yang urutan langkahnya bisa kamu adopsi juga untuk memperbesar kapasitas RAM di laptop kamu. Selamat mencoba.


Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan