-->
Load more

Cara Melaporkan Pencurian Artikel Copy Paste Ke Google

Shares ShareTweet
Cara Melaporkan Pencurian Artikel Copy Paste Ke Google

Cara Melaporkan Pencurian Artikel Copy Paste Ke Google-Kali ini ahlitech akan membahas tentang pencurian artikel blog atau biasa disebut copas, ada saja kelakuan blogger yang sangat menjengkelkan, bagaimana tidak, kita sebagai blogger yang dengan susah payah membuat artikel orisinal yang kadang membutuhkan waktu berjam-jam sampai artikel tersebut di terbitkan,  tiba-tiba artikel tersebut tanpa disangka-sangka diketahui nampang di blog orang lain tanpa izin karena sudah dicuri dan di copi paste seenaknya oleh si pemilik blog tersebut.

Untuk beberapa blogger tindakan copi paste mungkin dianggapnya boleh-boleh saja (alias mereka persilahkan) apapun bentuknya, dan mereka tidak keberatan, namun untuk saya pribadi tindakan copi paste yang dilakukan oleh beberapa blogger tidak bertanggung jawab sangat merugikan bahkan perlu ditindaklanjuti dengan serius, sebenarnya tindakan kopi paste masih bisa ditolelir jika si tukang copas menyertakan link aktif menuju  artikel aslinya, merubah judulnya memodifikasi isinya sehingga tidak sama 100%, akan tetapi tidak jika sebaliknya.

Cara melaporkan blog copas ke Google DMCA dengan langkah-langkah mudah agar disetujui. Pastikan anda sudah menyimpan daftar link halaman posting web/blog pelaku sebelum melanjutkan ke halaman copyright removal, dan pastikan juga anda sedang dalam keadaan login di akun Gmail.
  1. Login ke google DMCA
  2. Isi formulir laporan yang tersedia

Silahkan Anda ikuti langkah-langkahnya secara detail berikut ini :

1. Silahkan Anda login di https://www.google.com/webmasters/tools/dmca-notice. Sebelumnya pastikan Anda sedang dalam keadaan login di akun Gmail

2. Pengisian formulir laporan

Silahkan isi dengan data asli Anda sesuai kartu identitas (KTP) mulai dari nama depan, nama belakang, nama perusahaan, pemegang hak cipta, alamat email dan negara bagian/wilayah.

First name: Isi dengan nama depan Anda

Last name: Isi dengan nama belakang/keluarga Anda

Company name: Bisa diisi nama blog Anda

Copyright holder you represent: Pilihan disesuaikan (kalau Anda sendiri yang mengajukan pilih self)

Email address: Isi email yang tertaut dengan blog Anda agar lebih mudah disetujui

Country/region: Indonesia

Jangan lupa centang pada tulisan I confirm that I am the copyright holder for the content in question, and I am not filing this notice on behalf of another party.


YOUR COPYRIGHTED WORK

Formulir ini adalah data dan informasi valid milik Anda yang nantinya akan diidentifikasi oleh tim Google DMCA. Formulir ini meliputi deskripsi keluhan Anda, lokasi karya berhak cipta Anda dan lokasi materi yang melanggar.

Silahkan isi keterangan keluhan Anda terkait materi hak cipta dengan menggunakan bahasa Inggris agar mudah disetujui. Untuk memudahkan Anda, silahkan isi dengan kalimat berikut : I found my copyrighted works posted on other blogs Without Permission.

Kalau ingin menggunakan kalimat lain, silahkan saja Anda bisa memanfaatkan fitur Google translate sebagai penterjemah. Silahkan isi dengan url atau link artikel Anda yang telah dicopas blog lain agar Google DMCA bisa melakukan verifikasi laporan. Anda bisa mengisi links dalam kolom tersebut lebih dari satu (max 1000 link/baris) jika ternyata ditemukan banyak konten milik Anda di copas. Isilah dengan link/url artikel blog copas milik pelaku agar Google DMCA dapat melakukan tindakan penghapusan konten berhak cipta di blog copas pelaku. Disini Anda juga bisa mengisi link lebih dari satu (max 1000 link) jika mendapati banyak blog yang diduga copas konten berhak cipta milik Anda


3. SWORN STATEMENTS

Pada bagian ini silahkan centang semua laporan pernyataan tersumpah terkait kejujuran data yang Anda berikan ke Google DMCA.

Ada tiga pernyataan yang wajib Anda centang yang intinya terdiri dari sumpah atas dasar kesadaran iman bahwa laporan yang Anda buat benar adanya, adalah benar-benar karya berhak cipta dan Anda memiliki hak atas klaim atau laporan DMCA tersebut.


4. SIGNATURE

Pada bagian signature (tanda tangan digital) ini ada dua kolom yang perlu Anda isi
Jangan sampai keliru dalam mengisi format tanda tangan tanggal atau waktu sesuai dengan saat Anda membuat dan mengirim laporan tersebut. Contoh format: MM/DD/YYYY. Berarti urutannya adalah bulan/hari/tahun.
Di bagian signature isilah dengan nama depan dan nama belakang (nama keluarga), atau sesuai dengan isian pada formulir di bagian Contact Information.


5. KIRIM FORMULIR

Setelah semua kolom sudah Anda isi dengan benar silahkan centang kolom verifikasi kode Captcha, dan klik submit. Untuk melakukan cek status permohonan penghapusan karya berhak cipta Anda bisa lihat di dashboard DMCA Google. Karena URL yang disetujui saat ini tidak ada pemberitahuan yang dikirimkan lewat email.

Jika permintaan Anda ditolak, Google DMCA akan mengirimkan email mengenai kekurangan data/informasi yang Anda kirim.

Terima kasih sudah membaca artikel panduan tentang cara melaporkan blog copas ke google DMCA. Semoga bermanfaat dan happy blogging.

Tags

Shares ShareTweet

Hallo, Kami Akan Selalu Berupaya Untuk Selalu Memberikan Informasi Yang Anda Cari

Sedang Dibincangkan